Genius Umar Terima Penghargaan dari KLHK

Metro- 05-11-2021 20:18
Wali Kota Pariaman, Genius Umar saat terima piala dan piagam penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2020, dari KLHK RI, Selasa (5/10). (Dok : Istimewa)
Wali Kota Pariaman, Genius Umar saat terima piala dan piagam penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2020, dari KLHK RI, Selasa (5/10). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Wali Kota Pariaman, Genius Umar terima piala dan piagam penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2020, dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, yang diberikan oleh Kepala Pusat Data dan Informasi, Sekretariat Jenderal KLHK RI, Mahfudz, di Gedung Manggala Wanabakti KLHK, Jakarta, Selasa (5/10).

Penghargaan ini, sebelumnya telah disampaikan pada saat pengumuman penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2020, yang dilakukan secara virtual dan dipimpin langsung Menteri LHK RI, Siti Nurbaya, Kamis (15/7) lalu.

"Berdasarkan surat Sekretariat Jenderal KLHK Nomor S.686/SETJEN/DATIN/OTN.0/6/2021, dimana dalam lampiran surat tersebut, Kota Pariaman menerima penghargaan Green Leadaership Nirwasita Tantra Kategori Kota Kecil, bersama dengan Kota Padang Panjang dan Kota Bontang," ucap Genius.

Baca Juga

Nirwasita Tantra, merupakan penghargaan untuk kepala daerah yang berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan sesuai metodologi pembangunan berkelanjutan, guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di tiap daerahnya.

"Penghargaan ini juga sebagai bentuk kepemimpinan dan pemahaman kami terhadap isu lingkungan, respon kebijakan dalam menjawab persoalan lingkungan hidup, serta inovasi dan kepemimpinan kami dalam merespon persoalan lingkungan hidup," ujarnya menambahkan.

Genius Umar juga menuturkan bahwa Penghargaan ini, didapat berkat kerja keras kita bersama dalam memperbaiki kualitas lingkungan hidup di Kota Pariaman, dimana kita telah banyak membuat kebijakan yang pro lingkungan hidup, sehingga pembangunan infrastruktur tetap memperhatikan keberlangsungan lingkungan yang berkelanjutan, ungkapnya.

"Kita juga menjamin terjalinnya kelanjutan ekosistem lingkungan hidup dan memanfaatkan nya untuk dijadikan destinasi eco tourism, seperti Pariaman Mangrove Park yang bersama dengan masyarakat dan komunitas terus merawatnya," tukasnya.

Genius juga menambahkan Pemko Pariaman juga mempunyai penangkaran penyu, yang telah menjadi kunjungan wisatawan nasional dan internasional, serta menanam pepohonan di sepanjang pantai sebagai mitigasi, perawatan dan penanaman terumbu karang, membangun fish apartement dan pemanfaatan pantai dan pulau yang tetap memperhatikan ekosistem yang ada didalamnya,karena Kota Pariaman mempunyai visi sebagai kota wisata, jelasnya.

"Semoga dengan Penghargaan ini, kita bersama dapat terus menjaga dan memelihara lingkungan, sehingga Kota Pariaman dapat mempertahankan penghargaan ini untuk tahun-tahun selanjutnya, dan Kota Pariaman akan menjadi kota yang peduli dengan isu lingkungan di indonesia," tutupnya.

Komentar