Pandemi Sebabkan Ekonomi Guru Terganggu

Metro- 25-11-2021 14:37
Wabup Pessel, Rudi Hardiansyah bersama para guru seusai peringatan Hari Guru Nasional ke-76 di GOR Ilyas Yakub Painan, Kamis (25/11). (Dok : Istimewa)
Wabup Pessel, Rudi Hardiansyah bersama para guru seusai peringatan Hari Guru Nasional ke-76 di GOR Ilyas Yakub Painan, Kamis (25/11). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Painan, Arunala - Wakil Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Rudi Hariansyah menyebutkan mass Kemerdekaan dan milenial sekarang, guru secara konsisten melaksanakan perannya tanpa lelah. Apa yang disampaikan Rudi Hariansyah ini, punya kaitan terhadap para guru di Pessel yang memperingati Hari Guru Nasional ke-76 yang berlangsung, Kamis (25/11). Di Pessel, peringatan Hari Guru Nasional ke-76 ini dilaksanakan dalam kegiatan upacara di GOR Ilyas Yakub Painan di hari itu. "Tahun 2021 ini adalah tahun yang penuh ujian bagi semua tidak terkecuali para guru. Pandemi Covid-19 adalah salah satu penyebabnya," kata Rudi. Dia juga menyebutkan, akibat dari pandemi itu, guru dari Sabang sampai Merauke terganggu secara ekonomi, secara kesehatan, dan batin. Pada situasi tersebut, lanjut Rudi, mau tak mau guru harus mendatangi rumah-rumah pelajar untuk memastikan mereka agar tidak ketinggalan pelajaran. "Tapi, pandemi Covid-19 tersebut ternyata tidak memadamkan semangat para guru untuk menyalakan obor perubahan. Karena, mereka menginginkan adanya perubahan," ujar Rudi menyemangati. Hal lain yang juga penting dimiliki para guru, sambung Rudi, adalah guru harus pelajari teknologi yang belum pernah mereka kenal. Ini bertujuan menyederhanakan kurikulum dalam memastikan murid mereka tidak belajar dalam tekanan. Diakui atau tidak, imbuhnya, guru seluruh Indonesia saat ini bisa dikatakan menangis melihat melihat murid mereka makin hari makin bosan, kesepian, dan kehilangan disiplin dengan adanya pandemi Covid-19 ini."Makanya, dengan momentum Hari Guru Nasional tahun ini, bisa jadi penyemangat para guru untuk kembali optimistis bisa jalankan profesinya bersama-sama dengan anak didiknya," kata Rudi Hardiansyah. Selain guru Wakil Bupati Pessel, Rudi Hariansyah, juga hadir Forum Pimpinan Kepala Daerah (Forkopida), sejumlah OPD dan juga pimpinan BUMN dan BUMD di Pessel.

Komentar