Keberadaan PKPS Diapresiasi Rusma Yul Anwar

Metro- 08-12-2021 11:45
Sahli Bupati Pessel Bidang Ekobang dan Keuangan, Wendi dan Ketua PKPS Sumbar, Budi Syukur saat hadiri pelantikan PKPS Payakumbun dan Limapuluh Kota, Selasa (7/12) kemarin. (Dok : Istimewa)
Sahli Bupati Pessel Bidang Ekobang dan Keuangan, Wendi dan Ketua PKPS Sumbar, Budi Syukur saat hadiri pelantikan PKPS Payakumbun dan Limapuluh Kota, Selasa (7/12) kemarin. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Painan, Arunala - Pengukuhan pengurus Perkumpulan Keluarga Besar Pesisir Selatan (PKPS) Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota yang dilantik di Kisai Agro, Payakumbuh, Selasa, (7/12) kemarin mendapat apresiasi Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Rusma Yul Anwar.

"Eksistensi dan kiprah PKPS terbukti nyata dalam pembangunan dan perkembangan daerah," ungkap Sahli Bupati Bidang Ekobang dan Keuangan, Wendi di sela-sela pelantikan pengurus PKPS Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota itu.

Wendi yang mewakili Bupati Pessel, juga menyampaikan peran PKPS tak perlu diragukan lagi, terlebih dalam upaya mengembangkan Pessel.

Baca Juga

"Kalau ada 100 ribu orang warga Pessel di perantauan yang aktif berkirim uang rata-rata Rp500 ribu saja maka ada kapitalisasi Rp50 miliar sebulan dan Rp600 miliar setahun," ungkap Wendi.

Dana sebesar itu, menurut Wendi, setara dengan Belanja Langsung pada APBD Pessel.

Dikesempatan itu, Wendi juga menyampaikan visi misi duet Bupati dan Wakil Bupati Pessel pengurus dan perantau Pessel di dua daerah itu, dengan tujuan agar para perantau ini bisa memahami seperti apa sebenarnya visi misi yang dijalankan duet kepala daerah Pessel itu.

"Ada tiga hal yang menjadi sasaran Pemkab Pessel untuk lima tahun ke depan. Diantara sektor Pendidikan, dan sektor kesehatan," sebut Wendi.

Dia menerangkan, untuk sektor pendidikan, Pemkab Pessel punya komitmen tak boleh ada anak-anak Pessel yang putus atau berhenti sekolah karena persoalan biaya, negara atau daerah wajib intervensi" ujarnya.

"Untuk komitmen ini, Bupati Rusma Yul Anwar menjadikan pendidikan dasar dan wajib belajar sembilan tahun perlu mendapat atensi khusus bagi daerah," papar Wendi.

Kemudian soal sektor kesehatan, sambung Wendi, Bupati menekankan warga yang kurang mampu wajib mendapat pelayanan kesehatan yang memadai.

Acara pengukuhan PKPS sekaligus silahturahmi yang dihadiri oleh Pengurus Wilayah, Budi Syukur, Buya Zaitul Ikhlas, Dr Yulizal Yunus, dan Hamdanus, serta pengurus PKPS Bukittinggi, Agam di samping PKPS Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota yang baru dikukuhkan.

Komentar