Semua Komponen Diajak Waspadai Era Globalisasi

Metro- 14-12-2021 17:37
Kegiatan sosialisasi 4 Pilar MPR RI yang dilakukan Anggota MPR/DPD RI, Alirman Sori di Surantih, Selasa (14/12). (Dok : Istimewa)
Kegiatan sosialisasi 4 Pilar MPR RI yang dilakukan Anggota MPR/DPD RI, Alirman Sori di Surantih, Selasa (14/12). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Painan, Arunala - Era globalisasi memang tidak bisa dihindari. Sebaliknya, bangsa Indonesia juga harus mewaspadai ancaman dibalik era globalisasi ini.

Pendapat tentang dampak negatif yang bakal mengancam kehidupan bangsa Indonesia dari globalisasi itu dikemukakan Anggota MPR RI, Alirman Sori, dihadapan peserta sosialisasi 4 MPR RI di hadapan para Guru dan Siswa Pondok Pesantren Sabibul Jannah, Surantih, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Selasa (14/12).

Dalam kegiatan itu, Alirman Sori mengingatkan pada semua komponen bangsa, agar waspada terhadap ancaman globalisasi, soalnya dapat merubah tantangan kehidupan berbangsa dan bernegara di tengah pesat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Baca Juga

"Ancaman serius bagi kehidupan berbangsa dan bernegara secara internal adalah menurunnya pemahaman beragama dan kurangnya penghargaan terhadap Kebhinekaan," kata Alirman Sori.

Sementara, sambung dia, ancaman eksternal dari era globalisasi ini adalah masuknya paham kapitalisme yang dapat mempengaruhi kebijakan nasional.

"Untuk menangkal ancaman internal dan eksternal tersebut sangat diperlukan memahami Empat Konsesus Kebangsaan (4 Pilar MPR RI," tukas senator asal Dapil Sumbar ini.

Dia menambahkan, arus globalisasi telah merubah perilaku masyarakat dunia, dalam pergaulan hidup yang tidak ada batas, antar satu dunia dengan dunia lainnya.

Alirman Sori kemudian berikan solusi untuk mengantisipasi perkembangan dunia global itu, sangat diperlukan ketangguhan ketahanan nasional anak bangsa dalam kemajuan global.

"Peradaban lintas dunia, mengharuskan semua kita anak bangsa, meningkatkan kualitas kehidupan dengan menambah wawasan kebangsaan global guna mencegah dampak perubahan tersebut, ujarnya.

Alirman Sori kemudian mengajak peserta sosialisasi 4 Pilar MPR, agar terus menambah wawasan kebangsaan untuk meningkatkan pemahaman bernegara secara utuh sehingga terciptanya Ketahanan Nasional yang tangguh dalam upaya menjaga dan menegakkan agar NKRI tetap utuh.

Diakhir paparannya, Alirman Sori, menyampaikan pesan kepada peserta 4 Pilar MPR RI, untuk merawat NKRI secara bersama dengan semangat nasionalisme dan hargai Kebhinekaan sebagai perwujudan kita satu bangsa dan satu tanah air Indonesia.

Komentar