Lima Warga Agam Terpapar Covid-19

Metro-283 hit 06-05-2020 20:26
Bupati Kabupaten Agam, Indra Catri. (Dok : Istimewa)
Bupati Kabupaten Agam, Indra Catri. (Dok : Istimewa)

Penulis: Amazwar Ismail | Editor: MN. Putra

Agam, Arunala - Sebanyak 71 warga Kabupaten Agam yang diambil sampel Swab tahap 2 dari hasil tracking PDP positif Covid-19 dari 'AG' (60), ternyata lima orang diantaranya positif terpapar.

Lima orang yang positif Covid-19 itu merupakan petugas kesehatan. Hal ini diungkapkan Bupati Agam Indra Catri di Lubuk Basung, Selasa (6/5).

"Kepastian terinfeksinya lima orang petugas kesehatan itu diketahui setelah diterimanya hasil Swab mereka dari laboratorium Unand, Selasa (6/5) tengah malam," kata Indra Catri.

Baca Juga

Sampel swab yang dikirim tersebut merupakan kelanjutan dari hasil tracking PDP 'AG' yang positif Covid-19.

Dirinya merinci, dari lima pasien Covid-19 yang baru itu terdiri dari tiga orang petugas kesehatan di Puskesmas Baso, seorang bidan desa Sungai Cubadak dan satu orang petugas labor Puskesmas Lubuk Basung yang mengambil swab di Puskesmas Baso.

"Selain lima orang tadi, 19 orang dari 71 sampel Swab itu dinyatakan negatif, serta sisanya dinyatakan inklusif (PCR diulang)," kata Indra Catri.

Menyikapi hasil tersebut Bupati Agam ini langsung mengerahkan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Agam untuk melanjutkan tracking terhadap lima orang petugas yang dinyatakan positif tersebut.

Terkait aktifitas pelayanan di Puskesmas Lubuk Basung, Indra Catri menyebutkan menutup sementara waktu.

"Hanya akan melayani melalui unit IGD saja, sesuai dengan protokol Covid-19," katanya.

Selanjutnya, sambung dia, gugus tugas harus kerja keras lagi melanjutkan tracking terhadap 5 orang tersebut.

"Memastikan isolasi terhadap keluarga atau orang terkontak erat. Melakukan sterilisasi terhadap Puskesmas Lubuk Basung, Puskesmas Baso serta rumah masing masing petugas yang terpapar tersebut," ungkap Indra Catri.

Komentar