Raflis Edukasi Mahasiswa yang Ingin jadi Legislator

Metro- 28-01-2022 14:48
Sekwan DPRD Sumbar, Raflis bersama para mahasiswa yang ikut pelatihan LLT, Jumat (28/1). (Dok : Istimewa)
Sekwan DPRD Sumbar, Raflis bersama para mahasiswa yang ikut pelatihan LLT, Jumat (28/1). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Sekretaris DPRD Sumbar, Raflis mengingatkan mahasiswa yang ingin jadi legislator nantinya harus paham, apa saja yang harus dimiliki bila berkeinginan jadi legislator, sehingga nantinya bisa jadi amanah.

Hal ini disampaikan Raflis ketika mewakili Wagub Sumbar sebagai pembicara pada acara legislatif leadership training (LLT) yang diadakan Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia (LLMI) Sumbar di auditorium Kantor Gubernur Sumbar, Jumat (28/1).

"Perlu diketahui, untuk menjadi seorang legislator tidak cukup hanya dengan ilmu pengetahuan di bangku kuliah. Perlu keahlian dan seni tersendiri sehingga menjadi legislator yang amanah dan mampu memperjuangkan kepentingan masyarakat," jelas Raflis lagi.

Baca Juga

Dia menyebutkan, kehidupan berpolitik di lembaga legislatif, tidak semudah dibayangkan. Selain itu banyak pendapat yang menyangsikan kapasitas legislator dari kaum milenial, karena minim pengalaman dan mudah terbawa arus.

"Jadi, dengan adanya asumsi dan pendapat serupa itu, jadi tantangan bagi kaum milenial untuk bisa meminimalisir anggapan serupa itu," tukas Raflis.

Dia juga mengingatkan para mahasiswa agar tidak terjebak dengan kerasnya kehidupan dunia politik praktis.

Terkait pelatihan LLT kali ini, Raflis menilai cukup besar manfaatnya bagi para mahasiswa, bila perlu diperbanyak dan disosialisasikan ke kampus-kampus agar para calon calon legislator punya bekal yang cukup untuk masuk dalam kehidupan politik.

Selain itu, sambungnya, sebagai milenial, para mahasiswa juga harus punya semangat yang tinggi. "Kami yakin, pelatihan yang digelar Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia wilayah Sumbar, dapat membekali mahasiswa untuk menjadi legislator yang handal dan amanah," kata Raflis.

Komentar