Novia Hertini Pimpin DPW GARPU Sumbar

Metro- 17-02-2022 16:08
Wakil Ketua DPP GARPU, M Raja Sihotang secara simbolis serahkan mandat ketua DPW GARPU Sumbar kepada Sekretaris DPW NasDem Sumbar, Musmaizer Dt Gamuak di kantor DPW, Rabu (17/2). (Foto : Arzil)
Wakil Ketua DPP GARPU, M Raja Sihotang secara simbolis serahkan mandat ketua DPW GARPU Sumbar kepada Sekretaris DPW NasDem Sumbar, Musmaizer Dt Gamuak di kantor DPW, Rabu (17/2). (Foto : Arzil)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Wakil Ketua DPP Gerakan Restorasi Pedagang dan UMKM (GARPU), M Raja Sihotang serahkan mandat ketua DPW Sumbar kepada Novia Hertini yang juga owner Batik Tanah Liak melalui Sekretaris DPW Partai NasDem Sumbar, Musmaizer Dt Gamuak, di kantor DPW partai itu, Kamis sore (17/2).

Seusai penyerahan mandat ketua, itu, Raja Sihotang meminta kepada ketua yang diberi mandat untuk segera melengkapi struktur kepengurusan GARPU Sumbar.

"GARPU ini tujuannya untuk membangkitkan semangat dari para Pengusaha/UMKM di seluruh Indonesia terlebih di Sulut saat pandemi. Lebih jauh kami melakukan pendampingan bagi para pelaku UMKM," kata Raja Sihotang kepada Arunala.com seusai penyerahan simbolis mandat ketua DPW GARPU Sumbar melalui Musmaizer.

Baca Juga

Sedikit Raja Sihotang menerangkan lahirnya organisasi atau komunitas GARPU ini dari ide almarhum Rusli Paloh, kakak kandung dari Surya Paloh yang merupakan Ketum Partai NasDem.

Almarhum, sebutnya, punya misi dan amanah untuk merangkul para pedagang dan pelaku UMKM, agar mereka bisa berkembang lebih baik.

Raja yang juga Ketua Pokja DPP GARPU menyebutkan sebelumnya komunitas yang dibentuknya itu sudah ada di 31 provinsi di Indonesia.

"Adapun pembentukan DPW GARPU Sumbar merupakan provinsi yang ke-32, sisanya dua provinsi lagi yaitu Bengkulu serta Nusa Tenggara Barat (NTB). Kalau organisasi GARPU ini sudah terbentuk di 34 provinsi, maka akan dilakukan deklarasi secara nasional dan SK kepengurusannya akan kami serahkan secara bersama di saat deklarasi itu.

Hal lain disampaikan Raja, bahwa GARPU tidak hanya sebatas menampung aspirasi para pedagang dan UMKM tapi akan memfasilitasi.

"Kami juga akan memfasilitasi dan menjembatani para pedagang pelaku UMKM itu menyangkut apa yang menjadi kendala mereka selama in. Sebab kami sudah jalin kerjasama dengan berbagai pihak perbankan, dan pihak lainnya yang gunanya agar pedagang dan pelaku UMKM itu bisa berkembang dan maju," tukas Raja didampingi Ketua Bidang Investasi dan Industri DPP GARPU, Hefriansyah.

Raja juga sangat berterimakasih kepada DPW NasDem Sumbar melalui Sekretarisnya Musmaizer Dt Gamuak dan wakil ketua DPW, Masful dan seluruh pengurus DPW NasDem Sumbar yang telah mensupport dan memfasilitasi penjaringan ketua DPW GARPU Sumbar.

"Terimakasih kepada ketua DPW NasDem Sumbar, karena garpu ini hadir untuk tenaga sinergi partai NasDem sesuai dengan moto kami bersatu berjuang menang," pungkas Raja.

Terpisah, Ketua umum DPP GARPU, Jufry R Lumintang menyebutkan pembentukan GARPU ini bertujuan agar dapat menjadi fungsi atau strategi baru bagi Partai NasDem dalam menyampaikan restorasi di Sumbar melalui DPW GARPU Sumbar sebagaimana harapan dari pendiri dan Ketua Dewan Pakar DPP GARPU, Pietra Paloh.

"Saya berharap GARPU Sumbar dapat membesarkan Partai NasDem di Sumbar melalui sentuhan-sentuhan binaan DPW dan DPD se Sumbar terhadap pedagang dan pelaku UMKM (baik home industri maupun pengusaha kecil yang perlu dan bisa di bina oleh GARPU dan Partai NasDem," kata Jufry R Lumintang.

Sementara itu Sekretaris DPW NasDem Sumbar, Musmaizer Dt Gamuak menyebutkan kurang dalam waktu satu bulan ini struktur kepengurusan DPW GARPU Sumbar akan segera kelar.

Setelah struktur kepengurusan DPW GARPU Sumbar terbentuk secara lengkap, baru kemudian akan dilanjutkan pembentukan tingkat kabupaten kota di Sumbar," kata Musmaizer Dt Gamuak.

Komentar