Wawako Jawab Tanggapan Fraksi soal Tiga Ranperda

Metro- 22-02-2022 20:10
Wawako Pariaman, Mardison Mahyuddin saat beri jawaban atas pandangan fraksi di DPRD tentang tiga ranperda yang akan dibuat, Selasa (22/2). (Dok : Istimewa)
Wawako Pariaman, Mardison Mahyuddin saat beri jawaban atas pandangan fraksi di DPRD tentang tiga ranperda yang akan dibuat, Selasa (22/2). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Wakil Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin menyampaikan jawaban pandangan umum fraksi tentang tiga Ranperda dalam rapat paripurna DPRD Kota Pariaman di ruang rapat utama kantor dewan tersebut, Selasa (22/2).

Tiga ranperda itu adalah ranperda tentang penyelenggaraan kota layak anak, ranperda fasilitasi pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika, serta ranperda pengelolaan keuangan daerah.

Pandangan umum dari masing-masing fraksi terhadap tiga Ranperda Kota Pariaman Tahun 2022 antara lain, Fraksi Nasional Demokrat yang disampaikan oleh Gusferi Akmal mengatakan ketiga ranperda tersebut harus memiliki kejelasan dasar hukum serta azas manfaat dan dampak positif baik bagi masyarakat sebagai objek maupun Pemda sebagai pelaksana atau penegak dari Ranperda tersebut.

Baca Juga

Fraksi Gerindra yang disampaikan oleh Harpen Agus Bulyandi memberikan apresiasi kepada Pemko Pariaman yang telah mengusulkan ketiga Ranperda tersebut. Namun demikian, Fraksi Gerindra berharap hal ini tidak hanya sekadar indah pada ucapan melainkan juga dapat merealisasikan.

Untuk ranperda tentang fasilitasi pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika, masing-masing fraksi meminta agar dilakukan pencegahan dan pemberantasan secara efektif dan efisien. Pemko bertanggung jawab melindungi masyarakat dari ancaman narkoba dan precursor narkotika.

Fraksi Partai Golkar yang disampaikan oleh Ali Bakri mengatakan untuk ranperda pengelolaan keuangan daerah, agar memperhatikan siklus mulai dari perencanaan, penggunaan serta akuntabilitas penggunaan keuangan daerah secara efektif, efisie dan tepat sasaran.

Fraksi Keadilan Demokrat yang disampaikan oleh Safruddin mengusulkan untuk tata kelola keungan daerah Kota Pariaman, tetap selalu mengacu pada prinsip yang telah ditetapkan Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah.

Hal senada juga disampaikan Fraksi PPP melalui Asman Tanjung. Fraksi Partai Bulan Bintang Nurani melalui Romi Noviladi juga mengatakan hal yang sama.

Sementara Wakil Wali Kota Mardison Mahyuddin mengucapkan terima kasih pada seluruh fraksi yang memberi masukan dan idenya kepada Pemko Pariaman demi kemajuan kota itu.

"Menjawab pandangan tersebut tentang kota layak anak, pemko akan melakukan koordinasi dengan pemangu adat, dan juga berusaha memenuhi kebutuhan dan hal-hal yang menunjang terlaksana serta terwujudnya kota layak anak," kata Mardison.

Pemko, sebut Mardison, juga akan membangun komitmen bersama dengan mansyarakat,ormas dan dunia usaha dalam upaya mewujudkan pembangunan yang peduli terhadap hak anak, perlindungan anak serta kepentingan terbaik bagi anak," ungkapnya lagi.

Menyangkut ranperda fasilitasi pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika, Mardison menyebut, selama ini pemko telah melakukan sinkronisasi kerja terkait pengawasan, pencegahan dan pemberantasan narkotika dengan daerah tetangga.

"Telah dibentuk tim terpadu pencegahan penyalahgunaan narkotika, melibatkan unsur kepolisian. Ketika terjadi kasus penyalahgunaan narkotika lintas batas, maka unsur kepolisian Kota Pariaman akan berkoordinasi dengan kepolisian wilayah tetangga," tukas Mardison. (*)

Komentar