Sumbar Hadirkan Internet Pintar Sahabat Anak

Edukasi- 25-02-2022 19:52
Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy yang membuka sosialisasi internet pintar sahabat anak di DP3AP2KB) Sumbar, Jumat siang (25/2). (Dok : Istimewa)
Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy yang membuka sosialisasi internet pintar sahabat anak di DP3AP2KB) Sumbar, Jumat siang (25/2). (Dok : Istimewa)

Penulis: Darizon Y

Padang, Arunala -- Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Sumbar melangsungkan sosialisasi internet pintar sahabat anak di Padang (25/2).

Sosialisasi ini bertujuan untuk perlindungan anak dari dampak negatif internet dan kejahatan di dunia maya,

Kegiatan yang digagas anggota Komisi V DPRD Sumbar, Bustami Hidayat, bekerjama dengan platform digital peduli anak fammi.ly, dan juga sekaligus meresmikan website internet ceria untuk orangtua dan anak, https://fammi.ly/e/internetceria-sumbar.

Baca Juga

"Di era perkembangan teknologi yang begitu masif, perlu inovasi dan kreativitas dalam menyusun program pemerintah. Contohnya sosialisasi internet pintar sahabat anak ini, menggandeng dan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk perlindungan anak dari dampak negatif internet," ujar Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy yang membuka sosialisasi itu.

Audy mengatakan di era internet of things, kecakapan untuk memanfaatkan teknologi digital secara positif sejak dini memang perlu menjadi perhatian. Karenanya, Pemprov Sumbar dewasa ini memulai langkah-langkah kreatif guna membuat inovasi dalam program-program pemerintah yang berkaitan hal ini.

Dia berharap melalui kegiatan yang diikuti anak-anak usia sekolah hingga orangtua dan guru tersebut, dapat menjadi pemicu agar anak-anak semakin smart berinternet.

"Semoga dari sosialisasi dan peluncuran website bagi anak ini, kita mendapat banyak masukan agar anak-anak kita bisa lebih smart memanfaatkan smartphone, terlindung dari ancaman bahaya negatif internet, serta sistem aman internet bagi anak, khususnya di Sumbar dapat terwujud," tutupnya.

Selaku penggagas, Bustami Hidayat mengatakan, internet adalah petualangan bagi anak-anak, sementara orangtua bertugas memastikan agar anak dapat secara bebas bertualang di internet dengan aman.

"Bagi anak-anak, Dunia mereka bisa dikendalikan lewat internet. Tapi ketika orangtua tidak mampu mengontrol itu, maka internet juga bisa menjadi musibah. Mari kita jaga anak-anak kita, aset bangsa dari hal-hal buruk yg ada di internet. Bimbing anak-anak kita agar berinternet dengan smart dan positif," kata Bustami. (*)

Komentar