Desa Batang Tajongkek Kembangkan Budidaya Nila

Ekonomi- 11-03-2022 19:20
Kepala Desa Batang Tajongkek, Riko Herianto saat melihat pembuatan kolam ikan air tawar bagi desanya, Jumat (11/3). (Dok : Istimewa)
Kepala Desa Batang Tajongkek, Riko Herianto saat melihat pembuatan kolam ikan air tawar bagi desanya, Jumat (11/3). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Pariaman mengembangkan potensi budidaya ikan tawar di desa binaannya di Desa Batang Tajongkek, Kecamatan Pariaman Selatan.

Di desa ini, dinas teknis tersebut menambah lagi beberapa kolam ikan air tawar, melalui program Padat Karya Tunai Desa (PKTD), tujuannya untuk menunjang sektor ketahanan pangan dan hewan di desa bersangkutan.

Kepala Desa Batang Tajongkek, Riko Herianto, menerangkan kegiatan PKTD ini di anggarkan dari Dana Desa dan dilakukan secara swakelola oleh masyarakat Desa Batang Tajongkek.

Baca Juga

"Kami melalui pemerintah desa sedang mendorong sektor budidaya ikan air tawar guna meningkatkan nilai tambah ekonomi masyarakat , dan mengurangi angka pengangguran di desa ini," ujar Riko, di Pariaman, Jumat siang (11/3).

Dia menjelaskan, adapun sektor budidaya ikan air tawar yang dikembangkan adalah budidaya ikan nila. Hal ini berdasarkan tingkat perawatan dan pengembangan yang cukup mudah, dan permintaan pasar yang lumayan tinggi sehingga peluang penjualan pun masih tinggi.

" Makanya, kami berharap pada masyarakat desa yang mempunyai kolam agar dapat lebih mengoptimalkan dan mengembangkan untuk budidaya ikan air tawar ini," pinta Riko.

Dia melanjutkan, pengembangan sektor budidaya ikan air tawar ini adalah rangkaian pengembangan integrated farming system Desa Batang Tajongkek.

Komentar