Wagub Pecah Rekor MURI Bergelar Akademik Terbanyak

Metro- 17-03-2022 14:38
Wagub Sumbar, Audy Joinaldy memegang sertifkat rekor MURI menyangdang gelar akedemis terbanyak, Kamis (17/3). (Dok : Istimewa)
Wagub Sumbar, Audy Joinaldy memegang sertifkat rekor MURI menyangdang gelar akedemis terbanyak, Kamis (17/3). (Dok : Istimewa)

Penulis: Fajril

Padang, Arunala - Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy resmi menyandang gelar Doktor usai menjalani prosesi wisuda tahap IV tahun akademik 2021/2022 di IPB University, Rabu (16/3) kemarin.

Audy Joinaldy meraih gelar akademik ketujuh sebagai Doktor Manajemen Bisnis. Dengan bertambahnya gelar akademik tersebut, orang nomor dua di Sumbar saat ini memecahkan rekor MURI sebagai peraih gelar akademik terbanyak di Indonesia.

Prosesi penyerahan brevet kepada Dr Ir Audy Joinaldy SPt MSc MM I P M ASEAN Eng Dt Rajo Pasisia Alam itu dilaksanakan di Gedung Hakim Andi Nasution, Komplek Kampus IPB University Dramaga Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga

"Penghargaan ini sekaligus tantangan bagi saya apakah mampu menjadi lebih baik dan mampu memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan daerah," kata Audy.

Ia menyebut banyaknya gelar akademik tersebut beranjak dari rasa haus akan pengetahuan, yang selalu ingin tahu dan ingin mencoba banyak hal.

"Saya selalu merasa perlu untuk mempelajari sesuatu, sehingga melanjutkan kuliah dan terus belajar lagi," katanya.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan terima kasihnya kepada semua pihak. Keluarga yang selalu setia memberikan dukungan dan Gubernur Sumbar, Mahyeldi.

"Saya banyak belajar dari Gubernur Mahyeldi. Beliau abang saya juga guru saya dalam banyak hal," ucapnya saat itu.

Audy berharap gelar akademik dan apresiasi dari MURI akan bisa menjadi motivasi bagi banyak generasi muda di Sumbar untuk terus belajar dan mengabdikan diri kepada daerah.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar, Desniarti memberikan ucapan selamat kepada Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy ini atas raihan gelar Doktor dan pemecahan rekor MURI sebagai peraih gelar akademik terbanyak di Indonesia.

"Kami atas nama keluarga besar Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar mengucapkan selamat kepada Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy atas raihan gelar Doktor. Sekaligus pemecahan rekor MURI sebagai peraih gelar akademik terbanyak di Indonesia," kata alumni IPB ini kepada Arunala.com di Padang Kamis (17/3).

Desniarti mengharapkan ilmu Doktor yang diperoleh Wagub Sumbar Audy Joinaldy dapat memberikan sumbangsih dalam memajukan ekonomi dan pembangunan Sumbar.

"Dengan semangat terus belajar dari bapak Wagub Sumbar ini bisa menjadi motivasi bagi banyak generasi di Sumbar untuk terus belajar dan haus akan ilmu pengetahuan," harap Desniarti.

Untuk diketahui, gelar akademik Audy Joinaldy diperoleh dari di IPB pada tahun 2005 sebagai Sarjana Peternakan, Master of Science di Wageningen Universiteit Netherlands Major Food Quality Management Minor Animal Nutrition pada tahun 2007. Kemudian, Magister Manajemen di Universitas Hasanuddin Makassar pada tahun 2011.

Setelah itu ia meraih Insinyur dari Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun 2019. Pada tahun yang sama juga mendapat gelar IPM dari Persatuan Insinyur Indonesia (PII) serta gelar ASEAN. Eng dari Asean Federation Engineering Association (AFEO) pada tahun 2019.

Gelar ketujuh didapat setelah menyelesaikan pendidikan Doktor di Sekolah Bisnis IPB University. Tak hanya itu, sejak tahun 2021 hingga saat ini, dia juga kembali melanjutkan pendidikan Magister Ilmu Politik di Universitas Andalas.

Komentar