Sawahlunto Gelar Swab Massal Selama Empat Hari

Metro-260 hit 17-05-2020 15:23
Para petugas dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Sawahlunto bersiap lakukan swab massal pada warga di kota itu, Minggu (17/6). (Foto : Dyz)
Para petugas dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Sawahlunto bersiap lakukan swab massal pada warga di kota itu, Minggu (17/6). (Foto : Dyz)

Penulis: Darizon Y

Padang, Arunala - Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Sawahlunto melakukan tes swab massal pada masyarakat di kota itu.

"Tes swab massal dilakukan selama empat hari di Kota Sawahlunto, mulai hari ini, Minggu (17/5) hingga Rabu lusa (20/5)," kata Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta ketika dihubungi Arunala.com , Minggu (17/5).

Menurutnya, tes swab massal ini dilakukan di Balai Diklat Tambang Bawah Tanah.

Baca Juga

"Tim gugus menyiapkan 1.600 Reagen dalam melakukan swab massal tersebut," ujar dia.

Swab dilakukan per zona wilayah Puskesmas di empat kecamatan. Tes ini menyasar pejabat, OPD, OTG, orang baru masuk Kota Sawahlunto, masyarakat, serta tenaga kesehatan.

"Untuk satu kecamatan akan dilakukan sebanyak 400 swab. Setelah itu sampel swab dikirim ke laboratorium Fakultas Kedokteran Unand Padang, dan saya berharap hasil swab massal ini negatif hasilnya," jelas Deri.

Dia menyatakan, hingga saat ini Kota Sawahlunto tidak satupun masyarakat positif corona.

"Kota Sawahlunto masih zona hijau dalam penyebaran virus Corona di Sumbar," ujar dia.

Menurut dia, permintaan gubernur, Sawahlunto menjadi pilot projects secara nasional dalam penanganan Corona. Sawahlunto bisa berdamai dengan covid.

Konsep gubernur, kata dia lagi, bila Sawahlunto berdamai dengan corona, namun konsep tetap standar Covid-19.

Pengetatan pembatasan, aktivitas warga dilakukan standar Covid-19.

"Walaupun saat ini Sawahlunto zona hijau, aktivitas warga wajib standar Covid-19," tegas Deri Asta.

Komentar