100 Orang Mustahiq Terima Zakat Fitrah maupun Zakat Profesi

Metro- 27-04-2022 15:56
Bupati Suhatri Bur serahkan zakat Fitrah dan zakat profesi kepada sejumlah mustahiq di kabupaten itu, Rabu (27/4). (Dok : Istimewa)
Bupati Suhatri Bur serahkan zakat Fitrah dan zakat profesi kepada sejumlah mustahiq di kabupaten itu, Rabu (27/4). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padangpariaman, Arunala - Sebanyak 100 orang mustahiq menerima zakat Fitrah dan zakat profesi dari Pemkab Padangpariaman.

Penyerahan zakat yang dikumpulkan melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) ini diserahkan langsung Bupati Suhatri Bur, Rabu (27/4).

"Alhamdulillah, berkat kesadaran kita bersama, akhirnya zakat itu dapat terkumpul dan dapat disalurkan pada hari ini. Mudah-mudahan zakat ini membawa manfaat kepada para mustahiq semua dan selanjutnya kita berharap bapak-bapak dan ibu-ibu akan menjadi muzakki," harapnya.

Baca Juga

Suhatri Bur menjelaskan, zakat Fitrah dan zakat profesi ini dipungut dari anggota DPRD, ASN, TNI, Polri, karyawan BUMN/Honorer di lingkup Pemkab Padangpariaman, termasuk juga dari kalangan masyarakat di kabupaten itu.

"Padangpariaman sebenarnya miliki potensi zakat profesi yang sangat besar. Hal itu dibuktikan dengan besarnya dana zakat yang dikumpulkan, yakni sebesar Rp2.895 201.304, dan telah disalurkan sebesar Rp3.198.169.750," kata Suhatri Bur.

Jumlah yang begitu besar, lanjut Suhatri Bur, tentunya memiliki peranan yang sangat strategis dalam mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan kaum dhuafa di Padangpariaman.

Sedangkan Ketua Baznas Padangpariaman, Tk Sulaiman, jumlah penerimaan zakat fitrah pada tahun ini sebanyak 100 orang dengan rincian dengan rincian 25 orang penyandang cacat, 25 orang lansia terlantar, dan 50 orang fakir miskin.

"Jumlah total zakat fitrah dan zakat profesi yang kami serahkan itu berjumlah Rp379.937.500. Jadi masing-masing penerima akan mendapatkan Rp200.000 per orang," kata Tk Sulaiman.

Dia menjelaskan, pemungutan zakat fitrah tersebut dilakukan melalui pemotongan gaji Bulan April 2022 oleh bendahara masing-masing instansi. Sedangkan untuk masyarakat, dana zakat fitrah dikumpulkan melalui UPZ Nagari.

"Dalam penyalurannya, kami (Baznas, red) mempunyai beberapa program yang dirancang untuk kebutuhan masyarakat di kabupaten ini seperti, Program Padangpariaman Sehat, Padangpariaman Cerdas, Padangpariaman Makmur, Padangpariaman Taqwa dan Padang Pariaman Peduli," pungkas Tk Sulaiman.

Komentar