Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga di Kawasan Gunung Padang

Metro- 20-05-2022 17:39
Personel BPBD Kota Padang, bersihkan atap rumah milik Pahrizal yang tertimpa pohon akibat angin kencang, Jumat siang (20/5). (Dok : Istimewa)
Personel BPBD Kota Padang, bersihkan atap rumah milik Pahrizal yang tertimpa pohon akibat angin kencang, Jumat siang (20/5). (Dok : Istimewa)

Penulis: Darizon Y

Padang, Arunala - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang mendapatkan informasi adanya pohon tumbang menimpa rumah warga di kawasan Gunung Padang Bukit Gado Gado RT 03/RW 02 Kelurahan Bukit Gado-gado Kecamatan Padang Selatan, Jumat (20/5).

Pohon tumbang tumbang yang menimpa rumah warga tersebut berjenis Jambu Air, dengan perkiraan panjang 15 m dengan diameter 65 cm.

"Kami memang mendapatkan laporan dari KSB dan Kasi Trantib Kelurahan Bukit Gado Gado, ada pohon ukuran besar menimpa rumah warga yang semi permanen. Menindaklanjuti laporan tersebut kami melakukan koordinasi dulu dengan pimpinan, atas arahannya agar memberangkatkan Tim TRC dan Pusdalops Regu C dengan jumlah personil 10 orang ke lokasi kejadian," ungkap Kasi Kedaruratan BPBD Kota Padang, Hendri Satiawan, kepada Arunala.com di Padang hari itu.

Baca Juga

Dia menyebutkan, berdasarkan hasil di lapangan, tumbangnya pohon tersebut akibat hujan dan angin, selain itu ada juga pelapukan pada pohon tersebut, sehingga mengakibatkan tumbang dan menimpa atap rumah milik Pahrizal, 47.

Hendri menjelaskan, dalam pengerjaan personel BPBD bekerja dengan hati-hati mengingat kondisi atap dan kuda-kuda rumah sudah lapuk.

"Alhamdulillah, kendala yang kami hadapi saat penangganan tidak ada, namun akses jalan menuju lokasi hanya bisa berjalan kaki dengan jarak sekitar kurang lebih 20 menit,'" ungkap Hendri.

Selanjutnya, menurut Hendri, berdasarkan perkembangan cuaca yang tidak bisa kita prediksi, BPBD Padang mengimbau masyarakat untuk dapat meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan apalagi pada malam hari.

"Jangan parkir kendaraan di bawah pohon serta apabila curah hujan cukup tinggi jangan berpergian ke luar kota mengingat bahaya akan longsor bisa saja terjadi," ujarnya.

Sedangkan pemilik rumah yang tertimpa pohon, Pahrizal, 47, mengatakan pohon tumbang terjadi Jumat dini hari sekitar pukul 04.30 WIB.

"Di waktu itu, saya bersama anak dan istri mendengar suara dentuman keras yang menimpa atap rumah, setelah dilihat keluar ternyata pohon Jambu Air yang persis berada di belakang rumah tumbang dan menimpa atap.

"Alhamdulillah, kami sekeluarga tidak mengalami luka apapun, dan kami mengucapkan terima kasih kepada BPBD Kota Padang yang merespon cepat laporan kami," kata Pahrizal.

Komentar