8 Petugas Lapas Sijunjung Terpapar Covid

Metro-518 hit 27-05-2020 16:47
Ilustrasi : Pasien Covid 19
Ilustrasi : Pasien Covid 19

Penulis: Darizon Y | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat (Sumbar), Budi Situngkir membenarkan ada Delapan (8) orang petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kabupaten Sijunjung terpapar virus Corona (Covid-19).

"Kami mendapatkan laporan dari Pemkab Sijunjung ada Delapan (8) orang petugas Lapas terpapar Corona," kata Budi Situngkir saat dihubungi Arunala.com dari Padang, Rabu (27/5).

Menurut dia, petugas Lapas Sijunjung terpapar tersebut diduga dari barang bawaan pengunjung yang membesuk tahanan.

Baca Juga

"Beberapa waktu lalu ada salah seorang keluarga pengunjung datang ke Lapas Sijunjung mengantarkan makanan," ungkap dia lagi.

Budi memperkirakan, kemungkinan dari barang bawaan pengunjung inilah petugas Lapas itu terpapar Corona, karena pihaknya mendapat informasi pengunjung tersebut positif corona.

Dia juga menyebutkan, sekarang ini delapan petugas Lapas tersebut diisolasi di rumah dinas Kepala Pemasyarakatan Sijunjung.

"Sekarang ini mereka di rumah Dinas Kalapas Sijunjung, sambil menunggu koordinasi dengan Pemkab Sijunjung mau diisolasi dimana petugas," kata dia.

Budi menambahkan, hari ini (Rabu, res) di Lapas Sijunjung dilakukan pemeriksaan swab bagi seluruh pegawai Lapas dan juga tahanan.

"Untuk lakukan swab itu, kami berkoordinasi dengan Pemkab Sijunjung, karena ada ratusan tahanan dan seluruh petugas Lapas,"pungkas Budi.

Terpisah, juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sijunjung, Rizal Efendi menyebutkan, diketahuinya delapan (8) orang petugas Lapas Sijunjung itu positif setelah keluarnya hasil swab mereka dari Laboratorium Kesehatan Unand.

"Hasil swab delapan petugas Lapas itu kami terima dari pihak Laboratorium Kesehatan Unand, Selasa (26/5) malam. Semua sampel swab yang diterima Selasa malam itu sebanyak 20 orang dan delapan diantaranya dinyatakan positif Covid," sebut Rizal.

Sebelumnya, sebut Rizal, Pemkab Sijunjung melakukan pengambilan sampel swab terhadap 120 orang pada Kamis -Jumat (21-22/5 ) lalu. Ada 102 sampel swab yang diambil saat itu terdiri dari warga binaan dan petugas Lapas termasuk pihak keluarga dari warga binaan dan petugas.

Lalu, lanjutnya, hasil swab dikirim ke Laboratorium Kesehatan Unand dalam dua gelombang. Pertama diserahkan Jumat (22/5) dan keluar Minggu (24/5) dan hasilnya negatif semua.

Sedangkan penyerahan hasil swab tahap II yang berjumlah 20 orang, yakni Sabtu (23/5) dan keluar Rabu (26/5) malam. "Dari 20 sampel terakhir ini ternyata ada delapan positif," kata Rizal Efendi.

Komentar