DPRD Toba Belajar Buat Perda ke DPRD Sumbar

Metro- 06-06-2022 17:27
Wakil ketua Bapemperda DPRD Sumbar,  Afrizal saat menerima rombongan DPRD Kabupaten Toba di ruang khusus I DPRD Sumbar, Senin (6/6). (Dok : Istimewa)
Wakil ketua Bapemperda DPRD Sumbar, Afrizal saat menerima rombongan DPRD Kabupaten Toba di ruang khusus I DPRD Sumbar, Senin (6/6). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Untuk mendapatkan saran dan masukan sebagai perbandingan penyusunan program pembentukan Peraturan Daerah (Perda), Komisi C dan Bapemperda Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Toba, Sumatera Utara (Sumut) lakukan studi tiru ke DPRD Sumbar.

Rombongan Anggota DPRD Komisi C dan Bapemperda Kabupaten Toba yang dipimpin Wakil Ketua DPRD-nya, Mangatas Silaen, yang didampingi beberapa anggota lainnya, diterma olehWakil ketua Bapemperda DPRD Sumbar, Afrizal di ruang khusus I DPRD Sumbar, Senin (6/6).

Kepada rombongan Afrizal mengucapkan terima kasih Provinsi Sumbar dijadikan untuk study tiru, study banding mereka terhadap bagaimana Bapemperda melaksanakan tugas sehari-hari dalam pembuatan ranperda di Provinsi Sumbar.

Baca Juga

Afrizal menjelaskan,proses pembentuka Ranperda di DPRD Sumbar didahului dengan pembuatan naskah akademis dan rancangan perda oleh pihak ketiga, setelah itu dirumuskan dalam rapat yang dihadiri oleh alat kelengkapan dan Bapemperda baru dibahas bersama-sama.

"Ternyata di Toba sendiri belum melakukan hal -- hal seperti itu," ujar Afrizal .

Dijelaskan Afrizal, kalau di DPRD Sumbar hal seperti itu sudah biasa dilakukan,bahkan sudah seperti air mengalir sehingga ada yang berproses melalui tingkat AKD dan Bapemperda dirujukkan kepada DPRD dan tatib untuk penetapan pembuatan Perda itu sendiri. (*)

Komentar