Martinus: Setiap Jajaran Harus Serius Terapkan KIP

Metro- 11-07-2022 20:49
Suasana pembukaan bimtek penguatan kapasitas bagi PPID se Kabupaten Mentawai di Tuapejat, Senin (11/7). (Dok : Istimewa)
Suasana pembukaan bimtek penguatan kapasitas bagi PPID se Kabupaten Mentawai di Tuapejat, Senin (11/7). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Tuapejat, Arunala - Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Mentawai, Martinus D menekankan ke semua jajarannya untuk menseriusi Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Pasalnya, sebut Martinus, saat ini eranya globalisasi dan era keterbukaan informasi.

Hal ini diungkapkan Pj Bupati Mentawai tersebut ketika membuka bimbingan teknis (bimtek) penguatan kapasitas terhadap semua PPID pelaksana di kabupatennya, di aula Graha Viona Hotel, Senin (11/7).

Baca Juga

"Bimtek ini bukan untuk sekadar dengar dan catat dan selesai atau sekadar menjalankan program dibiayai APBD saja. Sebaliknya, semua yang dikerjakan harus bisa terbuka informasinya sesuai UU 14 Tahun 2008 tentang KIP," ujar Martinus.

Dia melanjutkan, era keterbukaan informasi ini tak ada yang dirahasiakan dan disembunyikan.

Jadi, sebut Martinus, dengan bimtek penguatan kapasitas bagi PPID se Kabupaten Mentawai ini harus menghasilkan PPID yang mampu mengelola informasi publik di pemkab tersebut.

Wakil Ketua Komisi Informasi (KI) Sumbar, Arif Yumardi yang jadi nara sumber di bimtek itu, mengapresiasi langkah Pemkab Mentawai gelar bimtek PPID untuk kabupaten itu.

"Saya simak sambutan Pj Bupati, ternyata pemahamannya pak Martinus soal keterbukaan informasi publik sangat bagus. beliau jujur mengenai masih lemahnya pengelolaan informasi di pemkabnya," ucap Arif.

Kemudian, Arif juga mengingatkan satu hal penting yang ditekankan Martinus diawal sambutannya, yakni Pj bupati ini secara tegas mengatakan tidak ada rahasia lagi dalam mengelola informasi untuk melayani masyarakat.

Komentar