Pemko Pariaman Terima PDU dari Kemen LHK

Metro- 26-07-2022 20:07
Wali Kota Pariaman Genius Umar saat menerima bantuan alat PDU dari Kemen LHK di Jakarta, Selasa (26/7). (Dok : Istimewa)
Wali Kota Pariaman Genius Umar saat menerima bantuan alat PDU dari Kemen LHK di Jakarta, Selasa (26/7). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman merupakan satu dari lima daerah di Indonesia yang menerima bantuan unit Pusat Daur Ulang (PDU) sampah beserta sarana dan prasarananya dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK).

Untuk Kota Pariaman, bantuan ini langsung diterima Wali Kota Genius Umar dari Direktur Jenderal (Dirjen) Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya dan Beracun Kemen LHK, Rosa Vivien Ratnawati di Gedung Manggala, Jakarta, Selasa (26/7).

Setelah penyerahan bantuan PUD, juga dilakukan peresmian fasilitas pengelolaan sampah dan rumah kompos, dan ditindaklanjuti dengan serah terima aset dari Kemen LHK pada Pemko Pariaman.

Baca Juga

"Sebagai Wali Kota Pariaman, saya menyampaikan terima kasih kepada Kemen LHK khususnya Ditjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya dan Beracun atas bantuan PDU sampah yang telah diberikan kepada daerahnya," ujar Genius Umar.

Genius Umar juga menjelaskan Pemko Pariaman berkomitmen untuk memanfaatkan PDU itu untuk mengolah sampah agar menjadi nilai ekonomi, seperti biji plastik, kompos dan lainnya.

Dia juga menerangkan, selain Kota Pariaman, bantuan PDU juga diperoleh Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Kudus, Kabupaten Magelang dan Kabupaten Minahasa.

"Kelima daerah ini merupakan daerah kunjungan pariwisatanya cukup banyak di Indonesia, jadi ini akan berdampak pada keberadaan sampah di kota masing-masing. Kota Pariaman merupakan kota wisata dan harus bersih, maka PDU menjadi solusinya," tutup Genius Umar.

Komentar