Enam Calon Bawaslu Sumbar Ikut Fit and Propertest di Pusat

Metro- 02-08-2022 08:49
Kantor Bawaslu Sumbar. (Dok : Istimewa)
Kantor Bawaslu Sumbar. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Selasa ini (2/8), tim seleksi penerimaan calon anggota Bawaslu Sumbar periode 2022-2027 telah memutuskan enam calon yang lulus tes kesehatan dan wawancara.

Sebelumnya, ada 12 calon peserta yang ikut dalam dua tes dua yang diadakan yakni kesehatan pada Selasa (26/7), dan wawancara pada Kamis-Jumat (28-29/7) lalu.

Ketua tim seleksi penerimaan calon anggota Bawaslu Sumbar periode 2022-2027, Hary Efendi Iskandar membenarkan bahwa tim seleksi yang diketuainya sudah menyelesaikan proses seleksi penerimaan tersebut.

Baca Juga

"Ini seiring dengan telah keluarnya hasil enam nama calon yang lolos tes kesehatan dan wawancara dari tim seleksi pada Selasa (2/8) sekitar pukul 06.00 WIB melalui website timselsumbar2022@sumbar.bawaslu.go.id maupun website Bawaslu Sumbar," ujar Hary Efendi Iskandar ketika dihubungi Arunala.com , Selasa pagi (2/8).

Dia menjelaskan, penilaian tim seleksi dalam menetapkan enam orang calon itu berdasarkan hasil komulatif dari dua tes yang diikuti peserta itu. (lebih lengkap enam calon yang lulus lihat di pengumuman Bawaslu Sumbar).

"Untuk tes wawancara bobot nilainya 60 persen, sedangkan tes kesehatan bobot nilainya 40 persen. Dari hasil yang didapat peserta tes digabungkan, kemudian dilakukan penilaian oleh tim seleksi," ucap Hary Efendi Iskandar.

Hary juga menyebutkan, hasil enam besar yang ditetapkan tim seleksi dari Sumbar ini termasuk yang tercepat dibanding provinsi lainnya di Indonesia.

Ditanya bila tim seleksi akan menyerahkan enam nama calon hasil putusan mereka ke Bawaslu RI? Hary menjawab diperkirakan pada 9-10 Agustus ini.

"Enam calon itu, nantinya akan mengikuti uji kepatutan dan kelayakan dari Bawaslu RI pada 22-26 Agustus 2022," tutur Hary lagi.

Meski enam calon itu sudah ditetapkan, lanjutnya, namun masyarakat masih diberi ruang berikan tanggapannya terhadap track record enam calon yang telah lolos tes kesehatan dan wawancara ini.

"Kali tanggapan itu disampaikan langsung ke Bawaslu RI," kata Hary.

Menariknya, dilihat dari hasil pengumuman dari enam calon yang lolos itu menunjukan, tiga orang diantara yang lolos itu berasal dari anggota Bawaslu Sumbar maupun kabupaten kota, dua orang dari KPU dan satu orang lagi dari praktisi/aktivis.

Komentar