Dukung Kenyamanan Delegasi G20, Telkomsel Perluas Hyper 5G

Teknologi- 08-08-2022 20:30
Telkomsel telah memastikan seluruh infrastruktur yang dimiliki berjalan optimal dalam memberikan kenyamanan komunikasi para delegasi selama rangkaian kegiatan G20 di Bali. (Dok : Istimewa)
Telkomsel telah memastikan seluruh infrastruktur yang dimiliki berjalan optimal dalam memberikan kenyamanan komunikasi para delegasi selama rangkaian kegiatan G20 di Bali. (Dok : Istimewa)

Penulis: Fajril

Jakarta, Arunala - Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, sejak awal tahun telah memastikan seluruh kesiapan infrastruktur terdepan dalam mendukung kenyamanan konektivitas digital para delegasi selama rangkaian kegiatan G20 (Group of 20) di berbagai wilayah Indonesia.

Melanjutkan konsistensi tersebut, Telkomsel melakukan optimalisasi dan perluasan cakupan jaringan 5G dengan menggelar infrastruktur tambahan berupa 24 BTS 5G yang telah menjangkau sejumlah titik gelaran kegiatan G20 di Bali.

Ini guna menghadirkan akses jaringan broadband berteknologi terdepan dan pengalaman aktivitas digital yang prima bagi seluruh delegasi selama mengikuti rangkaian kegiatan hingga puncak kegiatan G20 di Bali pada November 2022.

Baca Juga

Telkomsel saat ini telah melakukan penambahan dan perluasan cakupan jaringan 5G dengan menggelar infrastruktur tambahan 24 BTS 5G yang telah menjangkau sejumlah titik gelaran kegiatan G20 di Bali, yakni Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Kawasan ITDC Nusa Dua, Apurva Kempinski, Anvaya Resort, Alila Uluwatu, dan Bali Turtle Island Development.

Selain jaringan 5G, Telkomsel juga melakukan optimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan lebih dari 130 BTS broadband, termasuk tambahan 46 BTS 4G/LTE dan mengoperasikan 5 Compact Mobile BTS (COMBAT) guna mengantisipasi potensi lonjakan trafik komunikasi yang tinggi di sejumlah area, seperti area penginapan, lokasi acara, titik-titik transit transportasi seperti bandara dan pelabuhan hingga tempat destinasi wisata.

Telkomsel sendiri sebagai perusahaan telekomunikasi digital pertama yang menggelar jaringan dan layanan 5G pertama di Indonesia, telah menghadirkan layanan 5G di Bali sejak 2021.

"Berlangsungnya rangkaian kegiatan G20 di sepanjang tahun ini dan Presidensi Indonesia untuk pertama kalinya merupakan peluang besar bagi bangsa kita untuk menunjukkan berbagai potensi yang ada kepada dunia, karena presidensi tersebut membuat Indonesia menjadi sorotan dunia. Untuk itu, dengan adanya perluasan jaringan 5G di Bali, kami ingin memastikan kapabilitas ekosistem teknologi digital yang dimiliki Indonesia yang mampu membuka peluang kemajuan bersama dan kolaborasi antar negara yang tergabung dalam G20 untuk mendukung solusi atas tiga isu prioritas yang mencakup kesehatan global, transisi energi berkelanjutan, serta transformasi yang mendukung perkembangan ekonomi digital Indonesia," kata Direktur Network Telkomsel Nugroho.

Selain persiapan untuk puncak kegiatan G20 pada November 2022 di Bali, Telkomsel bersama sejumlah pelaku bisnis di sektor digital juga akan terlibat secara langsung mendukung rangkaian kegiatan Digital Economy Working Group (DEWG G20) yang digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika di Nusa Dua-Bali (29-30 Agustus 2022).

Pada DEWG G20 di Bali tersebut, Telkomsel berencana menggelar showcase pemanfaatan teknologi jaringan 5G, terutama dalam mendukung revolusi Industri 4.0 serta tiga isu prioritas DEWG G20 yang mencakup konektivitas digital dan pemulihan pasca pandemi COVID-19, literasi digital dan keterampilan digital, serta arus data lintas batas negara.

"Melalui partisipasi dan dukungan penuh Telkomsel dalam Presidensi Indonesia di G20 2022, merupakan bentuk upaya kami dalam meningkatkan martabat bangsa khususnya, dengan menunjukkan potensi terbaik Indonesia di sektor industri telekomunikasi melalui penggunaan teknologi informasi terkini yang setara dengan negara maju. Kami berharap Presidensi G20 ini dapat menjadi kesempatan emas bagi Indonesia untuk membuka dan memaksimalkan seluruh potensi dalam berbagai hal, yang dapat mendatangkan berbagai manfaat yang maksimal demi kemajuan bangsa, sekaligus mendukung terwujudnya visi Indonesia menjadi salah satu negara dengan ekonomi digital terbesar di dunia," harap Nugroho.

Komentar