Dipredisi Ratusan Ribu Wisatawan Bakal Hadir

Metro- 12-08-2022 14:35
Walikota Pariaman Genius Umar berikan keterangan saat konferensi pers tentang iven hoyak tabuik di Balairung Pendopo Walikota Pariaman, Jumat (12/8). (Dok : Istimewa)
Walikota Pariaman Genius Umar berikan keterangan saat konferensi pers tentang iven hoyak tabuik di Balairung Pendopo Walikota Pariaman, Jumat (12/8). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Pemko Pariaman menargetkan ratusan ribu wisatawan akan menyaksikan pucak Hoyak Tabuik Budaya Piaman 2022 yang nanti akan digelar pada Hari Minggu, 14 Agustus 2022 bertempat di Pelataran Parkir Muaro Pantai Gandoriah Kota Pariaman. Hal tersebut disampaikan Walikota Pariaman Genius Umar saat konferensi pers di Balairung Pendopo Walikota Pariaman, Jumat (12/8).

Pada kesempatan ini, dijelaskan juga beberapa rangkaian kegiatan jelang puncak acara pada pukul 16.00 Wib.

"Kita optimis puncak acara akan dihadiri ratusan ribu wisatawan. Wisatawan yang hadir tidak hanya lokal namun wisatawan mancanegara juga akan menyaksikan puncak Hoyak Tabuik Budaya Piaman 2022. Kita berharap dengan ramainya wisatawan, akan berpengaruh kepada perekonomian masyarakat di Kota Pariaman, " ungkap Walikota Pariaman Genius Umar.

Baca Juga

Seperti diberitakan sebelumnya, event beskala besar ini sudah tidak dilaksanakan selama 2 (dua) tahun karena pandemic covid-19. Tahun 2022, Pemko Pariaman kembali menyelenggarakan Hoyak Tabuik Budaya Piaman 2022 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Untuk mencapai target dari kunjungan wisatawan, kita selalu meminta kepada seluruh awak media dan lapisan masyarakat untuk tetap melakukan promosi event setiap saat sehingga puncak Hoyak Tabuik Budaya Piaman 2022 semakin diketahui orang banyak. Tidak hanya itu, kita juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh media yang telah bekerja sama dengan baik dalam mempromosikan pariwisata di Kota Pariaman, " ujarnya.

Ia menambahkan untuk hal -- hal lainnya seperti lalu lintas dan area parkir pengunjung, Pemko Pariaman bersama stake holder terkait telah mempersiapkan personil dalam membantu lancarnya arus lalu lintas karena pada puncak acara, ada beberapa titik jalur yang akan ditutup.

"Untuk area parkir, kita sudah menyiapkan beberapa tempat yang tidak begitu jauh dari panggung utama pelaksanaan Hoyak Tabuik Budaya Piaman 2022. Begitu juga jalur alternatif yang diambil saat dilaksanakan penutupan jalan. Dengan kata lain, jelang puncak Hoyak Tabuik Budaya Piaman 2022, kesiapan Pemko Pariaman sudah mencapai 80 %. Untuk tamu VVIP, selain dihadiri oleh Bupati dan Walikota se Sumatera Barat, juga akan dihadiri oleh beberapa Walikota dari luar provinsi. Untuk tamu dari kementerian, pihak kita masih menunggu konfirmasi balik sehingga belum dipastikan menteri apa saja yang akan hadir pada puncak Hoyak Tabuik Budaya Piaman 2022, " terangnya.

Komentar