DKP Sumbar Dorong Peningkatan Konsumsi Ikan

Metro- 27-09-2022 15:01
Kadis Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar Dr Ir Desniarti MM didampingi Wakil Ketua Forikan Sumbar ibu Lina Hansastri di pelataran parkir kantor Gubernur Sumbar, Selasa (27/9). (Dok : Istimewa)
Kadis Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar Dr Ir Desniarti MM didampingi Wakil Ketua Forikan Sumbar ibu Lina Hansastri di pelataran parkir kantor Gubernur Sumbar, Selasa (27/9). (Dok : Istimewa)

Penulis: Fajril

Padang, Arunala - Menyambut HUT ke-77 Sumbar, Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar mengadakan beragam perlombaan dan bazar di pelataran parkir Kantor Gubernur Sumbar, Selasa (27/9).

Perlombaan tersebut berupa Lomba Masak Serba Ikan dan Lomba Inovasi Masakan Berbahan Baku Ikan tingkat Sumbar. Dan, bazar Gemar Ikan. Kedua perlombaan tersebut dibuka Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar Dr Ir Desniarti MM.

Turut dihadiri Wakil Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Sumbar ibu Lina Hansastri.

Baca Juga

"Dalam upaya membangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat yang diikuti dengan memperbanyak ketersediaan ikan serta menjamin kemudahan akses masyarakat atas produk perikanan, DKP Sumbar terus berinovasi salah satunya dengan mengadakan lomba masak serba ikan ini," kata Desniarti saat memberikan sambutan.

Melalui kesempatan ini, Desniarti berharap akan tercipta kreasi-kreasi masakan berbahan baku ikan yang menarik, mudah dalam pengolahannya serta bergizi tinggi.

"Dengan demikian, dapat menambah keragaman masakan ikan yang bisa di sajikan dalam keluarga guna meningkatkan konsumsi ikan masyarakat Sumbar," harapnya.

Ia mengatakan diketahui, untuk meningkatkan sumberdaya manusia yang unggul dan berdaya saing, pembinaan fisik dan mental harus dimulai dari keluarga.

Untuk itu, sambungnya, asupan yang sehat dan bergizi bermanfaat untuk pertumbuhan fisik dan membentuk kecerdasan anak.

"Jika rutin mengkonsumsi ikan bisa bisa mencegah stunting, kurus dan obesitas," tegas Desniarti.

Ditambahkan Wakil Ketua Forikan Sumbar ibu Lina Hansastri, menyambut baik lomba yang diadakan DKP Sumbar.

"Kami mengajak Forikan kabupaten/kota untuk lebih aktif lagi mengampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemrikan)," ajaknya.

Sekadar diketahui, lomba ini merupakan rangkaian dari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang dilaksanakan DKP Sumbar setiap tahunnya.

Tentunya dalam beberapa bentuk kegiatan untuk menyosialisasikan dan memotivasi masyarakat gemar mengonsumsi ikan.

Sekaligus rangkaian peringatan HUT ke-77 Sumbar dengan tema "Bangkit Lebih Kuat untuk Sumbar yang Madani, Unggul dan Berkelanjutan".

Adapun acara yang dilaksanakan yaitu Lomba Masak Serba Ikan dan Lomba Inovasi Masakan Berbahan Baku Ikan dalam rangka diversifikasi menu masakan di dalam rumah tangga, Bazar aneka olahan hasil perikanan, pemberian makanan dari ikan terutama kepada anak-anak stunting dan ibu hamil serta sosialisasi manfaat makan ikan.

Komentar