KI Jabar Diakui Prototipe Kelembagaan KI se Indonesia

Metro- 01-09-2022 17:20
Komisioner KI Sumbar Adrian Tuswandi dan Arif Yumardi bersama Ketua KI Jabar Ijang Faisal, Kamis (1/9). (Dok : Istimewa)
Komisioner KI Sumbar Adrian Tuswandi dan Arif Yumardi bersama Ketua KI Jabar Ijang Faisal, Kamis (1/9). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Bandung, Arunala.com - Dua komisioner Komisi Informasi (KI) Sumbar, yakni Wakil Ketua Arif Yumardi dan Komisioner Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi (PSI) Adrian Tuswandi, yang didampingi Asisten Ahli Anggi Pratama ditugaskan mengikuti Focus Group Discussion (FGD) yang diadakan KI Jawa Barat.

FGD di KI Jabar ini dilaksanakan di ruang rapat pimpinan KI Jabar selama dua hari, Kamis-Jumat (1-2 September 2022), ada dua hal yang menjadi topik FGD yaitu, pertama tentang kelembagaan dan keuangan KI.

Kedua, tentang penanganan sengketa informasi publik terutama permasalahan permohonan informasi berulang dan jumlah banyak dengan satu pemohon.

Baca Juga

"Kami ke KI Jabar ini untuk belajar menyangkut tata kelola kelembagaan dan keuangan serta PSI di KI Jabar, semangat sharing dan harus kami akui kalau KI Jabar diketuai Dr Ijang Faisal telah menjadi sasaran topik studi tiru dari KI provinsi se Indonesia," ujar Arif Yumardi saat FGD dilangsungkan, Kamis (1/9).

Sedangkan menurut Adrian Tuswandi, kelembagaan dan keuangan KI Jabar adalah prototipe kelembagaan KI se Indonesia.

"Ada legacy yang akan ditinggalkan Kang Ijang Faisal pada akhir dua periodenya, awal 2024, yakni regulasi dan harmonisasi kelembagaan dan keuangan yang anggaran KI-nya ada di DPA Kominfo Jabar," tukas Adrian Tuswandi.

Dia menilai, pihak Dinas Kominfo Jabar tahu cara melayani dan mengelola kelembagaan dan keuangan KI di DPA-nya tanpa mengintervensi tugas dan fungsi Komisi Informasi menurut UU 14 Tahun 2008.

Di Sumbar diakui Adrian, soal kelembagaan dan keuangan nyaris sama dengan KI Jabar, tapi mencapai seperti KI Jabar sekarang, Sumbar masih berproses.

"Saya ikut FGD ini untuk menggali supaya ada legacy soal krusial itu di KI Sumbar periode ke tiga. Saat ini Tim Seleksi KI Sumbar 2023-2027 sudah di SK kan gubernur," ujar Adrian.

Ia menambahkan, KI Jabar itu punya SDM luar biasa banyaknya, membandingkannya, kata Adrian, cuman sama KI Pusat saja, ada lima komisioner, ada satu Tenaga Ahli dengan syarat diutamakan S3 dan pernah menjadi Komisioner KI, ada empat Koordinator Asisten Ahli, lalu ada Asisten Ahli dan staf teknis, serta Sekretaris KI adalah Kabid IKP di Kominfo.

Komentar