Kapal Layar WNA Mati Mesin di Samudera Indonesia

Metro- 06-10-2022 10:45
Kapal Basarnas Mentawai menuju lokasi kapal yang alami mati mesin, kemari. (Dok : Istimewa)
Kapal Basarnas Mentawai menuju lokasi kapal yang alami mati mesin, kemari. (Dok : Istimewa)

Penulis: Derizon Yazid

Padang, Arunala.com - Kapal Layar merk Lambung Mahana mengalami mati mesin di perairan Samudera Indonesia, tidak berapa jauh dari laut Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumbar.

Kapal Layar tersebut berpenumpang warga negara Asing (WNA).

"Tim SAR gabungan Kabupaten Kepulauan Mentawai melakukan pertolongan pada penumpang kapal layar mati mesin di Samudera Indonesia," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mentawai, Akmal saat dihubungi Arunala.com , Kamis (6/9).

Baca Juga

Menurut dia, Tim SAR mendapatkan laporan pada Minggu (2/10) sekira pukul 23.40 WIB ada kapal layar merk lambung Mahana alami mati mesin di perairan Samudera Indonesia, Barat Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Salah seorang penumpang kapal bernama Greffier Didier (64) Kewarganegaraan Prancis.

Pelapor atau pemberi info tidak menyebutkan berapa jumlah penumpang, tapi yang jelas penumpangnya adalah orang-orang WNA.

"Namun yang jelas salah seorang penumpang kapal bernama Greffier Didier (64) Kewarganegaraan Prancis,"ujar dia.

Dari laporan tersebut menurunkan personel dengan menggunakan Kapal KN SAR Ramawijaya 240 Mentawai memberikan pertolongan terhadap penumpang kapal alami mati mesin.

"Jarak tempuh Kondisi cuaca berawan di Kepulauan Mentawai, ketinggian ombak di lokasi musibah berkisar 2,5 - 4 M dengan kecepatan angin 2 - 18 Knots," jelas Akmal.

Komentar