Jelang Presidensi G20, Telkomsel Optimalkan Kebutuhan Komunikasi

Teknologi- 20-10-2022 18:53
Telkomsel telah melakukan optimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan lebih dari 35.000 BTS broadband, menambah hingga 190 BTS 5G, dan 11 COMBAT di sejumlah wilayah selama rangkaian G20. (Dok : Istimewa)
Telkomsel telah melakukan optimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan lebih dari 35.000 BTS broadband, menambah hingga 190 BTS 5G, dan 11 COMBAT di sejumlah wilayah selama rangkaian G20. (Dok : Istimewa)

Penulis: Fajril

Jakarta, Arunala.com - Telkomsel menunjukkan komitmennya dalam mengedepankan kapabilitas teknologi jaringan dan ekosistem aset digitalnya bagi kemajuan Indonesia dan dunia dalam acara puncak rangkaian kegiatan Presidensi G20, The 17th G20 Heads of State and Government Summit, pada 15-16 November di Bali.

Yakni melalui optimalisasi konektivitas jaringan broadband dan akses ke layanan digital.

"Dengan menghadirkan konektivitas jaringan broadband dan akses ke layanan digital yang optimal, Telkomsel berharap dapat mendukung komitmen Indonesia dalam menunjukkan potensi besar transformasi ekosistem industri dan kapabilitas digital terbaiknya. Ini guna membuka lebih banyak peluang kemajuan bagi Indonesia serta dunia agar bangkit bersama dan pulih lebih kuat, terutama setelah menghadapi tantangan pasca pandemi Covid-19 yang memberi dampak cukup signifikan bagi setiap negara," kata Direktur Network Telkomsel, Nugroho.

Baca Juga

Sejak pertama menggelar jaringan dan layanan 5G di Indonesia pada 2021, Telkomsel telah memperluas cakupan jaringannya dengan menggelar infrastruktur tambahan sejumlah 88 BTS 4G/LTE serta 39 BTS 5G yang menjangkau titik-titik rangkaian kegiatan Presidensi G20, menggenapi total BTS yang mencapai 7.801 unit di seluruh Bali.

Di samping itu, Telkomsel telah mengantisipasi potensi lonjakan trafik komunikasi yang tinggi di sejumlah wilayah seperti area penginapan, lokasi acara utama, bandar udara, pelabuhan, hingga tempat destinasi wisata, dengan memastikan ketersediaan kapasitas jaringan yang memadai bagi seluruh delegasi selama acara puncak rangkaian kegiatan Presidensi G20, The 17th G20 Heads of State and Government Summit.

Nugroho menambahkan, Telkomsel juga telah menyiagakan posko khusus serta melakukan sejumlah persiapan sejak beberapa bulan terakhir untuk memastikan optimalisasi kualitas jaringan dan layanan broadband selama acara berlangsung.

Penguatan jaringan tersebut merupakan wujud komitmen Telkomsel dalam menyediakan konektivitas jaringan broadband dan akses ke layanan digital terbaik bagi pelanggan.

"Untuk memastikan kenyamanan akses konektivitas digital berteknologi terdepan, Telkomsel juga telah menghadirkan jaringan 5G di sejumlah titik utama yang nantinya akan menjadi kawasan utama penunjang berlangsungnya sejumlah kegiatan The 17th G20 Heads of State and Government Summit. Seperti kawasan Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, kawasan Nusa Dua, kawasan wisata Garuda Wisnu Kencana, termasuk area Media Center yang berlokasi di Bali International Convention Center (BICC) dan siap melayani kebutuhan akses telekomunikasi bagi lebih dari 1.000 awak media dari berbagai negara," ungkapnya.

Guna mengoptimalkan kebutuhan komunikasi hingga aktivitas digital delegasi mancanegara sepanjang rangkaian kegiatan G20 di Indonesia, Telkomsel juga telah menghadirkan kartu perdana Telkomsel PraBayar Tourist yang sudah didukung layanan Hyper 5G Telkomsel.

Kartu Telkomsel PraBayar Tourist menghadirkan akses maksimal untuk pengalaman digital terbaik bagi para turis mancanegara melalui bonus kuota data/internet sebesar 25 GB, kuota telepon lokal 25 menit, serta kuota telepon internasional (IDD) 25 menit.

"Untuk menunjang komunikasi dan koordinasi, Telkomsel secara khusus telah menambahkan alokasi kuota data/internet pada kartu Telkomsel PraBayar Tourist menjadi sebesar 125 GB bagi para perwakilan delegasi G20. Dapat melakukan pemesanan kartu perdana Telkomsel PraBayar Tourist dengan mengakses tautan telkomsel.com/en/perdana/tourist-prepaid-card sebelum keberangkatan ke Indonesia," paparnya.

Berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI serta Kementerian Perdagangan RI, Telkomsel juga menyediakan layanan asistensi di sejumlah titik untuk membantu proses registrasi International Mobile Equipment Identity (IMEI) perangkat pintar yang akan digunakan perwakilan delegasi selama mengikuti rangkaian kegiatan G20.

Pelanggan dan perwakilan delegasi nantinya dapat mengakses booth layanan dan penjualan produk Telkomsel.

Telkomsel juga berkolaborasi dengan 69 mitra outlet reseller yang berada di kawasan Nusa Dua, Garuda Wisnu Kencana, Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, untuk memberikan kemudahan dalam mengakses produk dan layanan terdepan dari Telkomsel.

"Dengan konektivitas jaringan broadband dan akses ke layanan digital yang optimal hingga acara puncak The 17th G20 Heads of State and Government Summit, Telkomsel siap mendukung kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah Presidensi G20 tahun ini. Besar harapan kami forum internasional ini dapat membuka peluang pertumbuhan ekonomi dan kolaborasi strategis demi perubahan menuju masa depan yang kita semua cita-citakan, khususnya dalam tiga isu prioritas Presidensi G20 Indonesia, yakni arsitektur layanan kesehatan, transisi energi, dan inklusi ekonomi melalui digitalisasi," harapnya. (*)

Komentar