Wuling Air ev, Mobil Listrik Super Hemat dan Ramah Lingkungan

Metro- 22-11-2022 18:47
Wuling Air ev, mobil listrik yang telah hadir di Kota Padang. (Foto : Fajril)
Wuling Air ev, mobil listrik yang telah hadir di Kota Padang. (Foto : Fajril)

Penulis: Fajril

Padang, Arunala.com - Wuling Motors (Wuling) belum lama ini meluncurkan produk kendaraan listrik yang diberi nama Wuling Air ev.

Kehadiran Wuling Air ev sebagai jawaban tantangan kendaraan ramah lingkungan yang semakin dibutuhkan saat ini.

Para pecinta mobil listrik Wuling Air ev sudah bisa melakukan pemesanan di Wuling Maju Motor Padang.

Baca Juga

"Kami ingin menyampaikan kepada costumer di Kota Padang khususnya Sumbar umumnya bahwa Wuling Air ev telah hadir di Wuling Maju Motor Padang. Pemberitahuan ini guna menjawab rasa penasaran para costumer yang menanyakan kapan unit mobil listrik Wuling Air ev tiba di Padang," kata Sales Manager Wuling Maju Motor Padang, Helmi Todi, kepada Arunala.com , Selasa (22/11).

Ia mengatakan kendaraan listrik Wuling buatan Indonesia ini mengusung kemudahan dari sisi berkendara, penggunaan sehari-hari dan pengisian daya yang bisa dilakukan di rumah.

"Selain itu, Air ev dilengkapi inovasi canggih, perangkat keselamatan lengkap hingga deretan fitur modern," tutur Todi.

Todi menyebutkan untuk Wuling Air ev ini terdiri dari dua varian. Yakni Standar Range dengan harga OTR Rp 248.600.000 dan Long Range Rp 305.900.000.

"Jika konsumen membeli tipe long range plus charging pile Rp 321.400.000," sebutnya.

Sebagai jantung dari sumber listrik kendaraan compact ini, Wuling menggunakan baterai lithium ferro-phosphate (LFP) berkapasitas 17,3 kWh untuk tipe standard range dengan jarak tempuh hingga 200 kilometer.

"Dan 26,7 kWh untuk tipe long range dapat mencakup jarak tempuh hingga 300 kilometer saat terisi penuh," sebut Todi.

Bagian eksterior bergaya future tech pada Wuling Air ev ditunjukkan melalui Illuminous Wuling Logo dan minimalist dual tone color scheme.

Berbagai fasilitas moderen turut hadir mulai dari electric power window, multifunction steering wheel, hingga USB charging port.

Wuling menyertakan kecanggihan inovasi pintar Internet of Vehicle (IoV) dan Wuling Indonesian Command (WIND) pada Air ev.

Untuk varian long range, Wuling menyematkan beberapa tambahan fitur seperti integrated floating widescreen dengan layar meter cluster 10,25 inci dan layar head unit dengan ukuran yang sama, keyless entry, synthetic leather seat, smart start system, serta extended horizon LED DRL.

Guna menunjang keselamatan berkendara dengan Air ev, Wuling melengkapi mobil listrik compact ini dengan fitur keamanan yang lengkap.

Terdapat dua airbag yang melindungi pengemudi dan penumpang baris pertama serta rangka yang kokoh.

Kemudian, sistem pengereman didukung dengan rem cakram pada roda depan dan belakang, ABS, EBD, TPMS, sound module for pedestrian warning serta ISOFIX.

Khusus Wuling Air ev long range turut ditambahkan dengan Electronic Stability Control (ESC) dan Electric Parking Brake dengan AVH serta HHC.

"Dan memiliki lima pilihan warna. Yaitu pristine white, galaxy blue, avocado green, peach pink, pristine white, dan lemon yellow," paparnya.

Keunggulan lainnya Wuling Air ev ini, sebut Todi, adanya fitur Easy Charging. Fitur ini memungkinkan pengguna kendaraan untuk melakukan pengisian daya baterai dengan mudah dan cepat.

Tidak hanya itu, Wuling Motors juga mengklaim bahwa fitur ini memungkinkan pengguna Wuling Air ev bisa melakukan pengisian daya baterai dari rumah.

Wuling Air ev dibekali dengan 2 system easy charging yaitu Socket Box dan Charging Pile (dijual terpisah).

Untuk Socket Box mobil Wuling Air ev ini berisi socket atau colokan listrik dan alat pengaman elektrikal.

Jenis socket charging yang digunakan adalah jenis AC GB/T.Socket Box ini mampu meneruskan daya listrik sebesar 2200 W.

"Untuk pengisian data menggunakan Socket Box, tipe Long Range membutuhkan waktu 11 jam pengisian. Sedangkan untuk tipe Standard Rage membutuhkan waktu 8.5 jam. Jika menggunakan Socket Box, tipe Long Range membutuhkan waktu 4 jam dan tipe Standar Range 8.5 jam," ulas Todi.

Sementara, charging pile telah dilengkapi dengan charging gun sehingga bisa langsung dicolokkan ke mobil listrik. Charging pile ini mampu meneruskan daya listrik hingga 7700 W.

"Dengan menggunakan charging pile dibeli terpisah, charging bisa lebih cepat, yakni hanya empat jam. Itu bisa dipakai untuk jarak tempuh sekitar 300 kilometer," papar Todi.

Tidak hanya itu, kelebihan mobil listrik Wuling Air ev ini dengan hitungan satu kilometer jika dirupiahkan hanya berkisar Rp150.

Selain itu, biaya perawatannya pun lebih ekonomis, karena tidak perlu ganti oli mesin dan oli transmisi.

"Dan pajak kendaraan ini juga murah dibanding kendaraan konvensional yakni Rp400 ribu," ungkap Todi.

Ia juga memaparkan latar belakang mengapa Wuling Air ev cocok untuk pasar di Sumbar.

Menurut pengamatan Wuling, mayoritas pengemudi setiap harinya berkendara untuk perjalanan ke kantor atau ke sekolah dengan membawa maksimal empat penumpang termasuk pengemudi.

Selain itu, rata-rata jarak tempuh yang dicapai oleh pengguna kurang dari 50 kilometer per harinya.

"Dengan latar belakang tersebut, Wuling Air ev dengan kemampuan jarak tempuh 200 km hingga 300 km, berbekal inovasi moderen, konfigurasi 4 seater yang nyaman, serta kemudahan pengisian daya dapat menjadi jawaban dari keperluan mobilitas sehari-hari yang modern dan ramah lingkungan bagi konsumen," ucap Todi.

Todi menyebutkan setiap pembelian mobil listrik kompak ini, Wuling akan memberikan garansi.

Yang paling lama ialah garansi untuk komponen inti, seperti power battery system assembly, drive motor, dan motor controller, yang lamanya sampai 8 tahun atau 120.000 kilometer.

"Bagi konsumen yang memiliki listrik di rumah kurang dari 2.200 W harus menambah daya lagi ke PLN, atau memasang meteran baru khusus untuk mengecas mobil listrik Wuling Air ev saja. Apabila customer ingin naik daya sampai 1 phase, tidak akan dikenakan biaya sama sekali," ungkapnya.

Komentar