Tanahdatar Gelar Festival Budaya Minangkabau V

Metro- 18-11-2022 09:31
Para peserta Festival Budaya Minangkabau V diadakan Pemkab Tanahdatar, Kamis (17/11). (Dok : Istimewa)
Para peserta Festival Budaya Minangkabau V diadakan Pemkab Tanahdatar, Kamis (17/11). (Dok : Istimewa)

Penulis: Derizon Yazid

Tanahdatar, Arunala.com - Ribuan orang wisatawan memadati Istano Basa Pagaruyuang pada pembukaan Festival Budaya Minangkabau V yang digelar Pemkab Tanahdatar mulai Kamis (17/11) hingga Minggu (20/11).

Menjadi bagian dari Kalender Event Nasional (KEN), Festival Pesona Minangkabau 2022 ini mendapat apresiasi dari Staf Ahli Kreatif dan Inovasi Kemenparekraf RI, Joshua Puji Mulia, Kamis (17/11).

Ia mengatakan, Ranah Minang memiliki potensi luar biasa yang sudah banyak dikenal. Melalui berbagai gelaran seperti Festival Pesona Minangkabau ini, Joshua mendorong media maupun influencer untuk turut serta memviralkan daya tarik kepariwisataan Sumbar ke seluruh dunia.

Baca Juga

"Banyak potensi di Sumatera Barat ini, untuk itu dunia harus tahu. Salah satu caranya dengan membuat festival untuk menceritakan budaya Minangkabau ini," katanya.

Hal serupa juga disampaikan Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, yang menyebutkan khususnya di Tanahdatar, terdapat banyak sekali iven mulai dari tingkat nagari yang membantu geliat perekonomian masyarakat.

Misalnya kata Audy, dengan adanya program unggulan Tanah Datar Satu Nagari Satu Event, nilai perputaran uang sepanjang tahun 2022 melalui 14 event yang dihelat diperkirakan mencapai lebih dari 11 Miliar rupiah.

Ia menjelaskan, sebagai sektor yang sedang tumbuh di Sumbar, perpaduan Pariwisata dengan sektor unggulan Sumbar, yakni pertanian menjadi salah satu hal yang menjadi keunggulan Tanahdatar.

"Ini adalah sebuah inovasi yang saya rasa patut dicontoh kabupaten lain. Karena ini berdampak langsung ke masyarakat karena melibatkan UMKM pangan maupun non pangan," ujar Audy lagi.

Sementara itu Bupati Tanahdatar, Eka Putra menyebut Festival Pesona Minangkabau tersebut, merupakan iven budaya Minangkabau terbesar di Sumbar.

Didukung sebanyak 600 orang penari, Festival Pesona Minangkabau akan menampilkan kekayaan seni pertunjukan, pawai budaya dari 18 kontingen, silek galombang, gandang tambua tansa, peragaan busana, randai, stand pameran, maupun kuliner dan UMKM di masing-masing nagari, dan masih banyak lagi lainnya.

"Program pariwisata satu nagari satu iven memicu aktifnya sanggar-sangar seni budaya, olahraga dan UMKM Nagari, serta meningkatkan kunjungan wisata ke Tanahdatar," jelasnya.

Sebagai Nagari Tuo di Minangkabau, menurut Eka Putra hal tersebut merupakan salah satu bentuk tanggung jawab Tanahdatar terhadap kelestarian budaya Minangkabau.

Komentar