UUD NRI Tahun 1945 jadi Prinsip Dasar Hukum Indonesia

Metro- 18-12-2022 06:02
Anggota MPR RI, Alirman Sori beri sambutan dalam sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Tapan, Sabtu (17/12). (Dok : Istimewa)
Anggota MPR RI, Alirman Sori beri sambutan dalam sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Tapan, Sabtu (17/12). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pessel, Arunala.com - Anggota MPR RI, Alirman Sori, mengungkapkan, bangsa yang besar adalah bangsa mampu mengelola persatuan dalam keberagaman.

Peserta dengarkan paparan Alirman Sori menyangkut materi sosialisasi, Sabtu (17/12). (Dok : Istimewa)
Peserta dengarkan paparan Alirman Sori menyangkut materi sosialisasi, Sabtu (17/12). (Dok : Istimewa)

Hal itu disampaikan Alirman Sori dihadapan peserta sosialisasi 4 Pilar MPR, hasil kerjasama bersama MPR RI dengan Pengamanan Hutan Berbasis Nagari (PHBN) Sako Tapan yang diadakan di aula Hotel Bagus, Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sabtu (17/12).

Apa yang dikemukakan Alirman Sori itu, sebagai bentuk upaya menyikapi berbagai dinamika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di era globalisasi.

Baca Juga

Sebab, tutur Alirman Sori, era ini telah merubah dan mempengaruhi pola prilaku masyarakat dunia dan Indonesia sebagai bagian dari dunia global juga terlindas dampak globalisasi.

Dalam paparannya, Alirman Sori menegaskan, Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi bernegara harus jadikan penuntun dan pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"UUD NRI Tahun 1945 sebagai konstitusi negara harus menjadi hukum dasar tegaknya prinsip negara hukum sebagaimana yang diatur dalam pasal 1 ayat (3), bahwa Indonesia adalah Negara Hukum," tukas Senator asal Sumatera Barat (Sumbar) ini.

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," jelas Alirman Sori, sebagai pilihan politik bernegara harus dijaga, dirawat dan dipertahankan, siapapun yang ingin merongrong harus kita lawan sebagai musuh bersama.

"Sedangkan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan bernegara, walaupun kita berbeda-beda tapi adalah satu tujuan untuk mewujudkan persatuan dalam perbedaan," ungkapnya.

Diakhir paparan, Alirman Sori mengimbau para peserta untuk terus merawat persatuan bangsa. Kita ditakdirkan terlahir dalam kemajemukan yang merupakan anugrah besar yang patut kita syukuri.

Komentar