LO Balon DPD Manfaatkan Help Desk KPU Sumbar

Metro- 27-12-2022 21:19
Dua LO dari dua bakal calon DPD berbeda berkonsultasi dengan petugas sekretariat KPU Sumbar yang ada di help desk, Selasa sore (27/12). (Foto : Arzil)
Dua LO dari dua bakal calon DPD berbeda berkonsultasi dengan petugas sekretariat KPU Sumbar yang ada di help desk, Selasa sore (27/12). (Foto : Arzil)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala.com - Help desk yang disiapkan KPU Sumbar sebagai ruang konsultasi bagi bakal calon (balon) anggota DPD RI melalui liaision officer (LO/petugas penghubung, red), aktivitasnya mulai terlihat sibuk.

Mulai berdatangannya LO dari balon DPD itu makin terlihat jelas jelang berakhirnya waktu penyerahan syarat dukungan para bakal calon yang akan ditutup KPU Sumbar pada Kamis (29/12) lusa.

Dari pantauan Arunala.com pada Selasa sore (27/12), terlihat Thariq LO dari bakal calon Irman Gusman, dan Zikri LO dari bakal calon Nurkhalis nampak serius mendengarkan penjelasan dua petugas sekretariat KPU Sumbar yang bertugas di help desk yang berada di dekat musala KPU Sumbar.

Baca Juga

Berbekal laptop masing-masingnya, mereka saling konsultasi menyangkut tata cara penyerahan berkas dukungan, mulai dari menginput daya dukungan, mengunggahnya ke Silon hingga penyiapan berkas lainnya akan akan dibutuhkan saat penyerahan syarat dukungan yang dilakukan masing-masing bakal calon.

Baik Thariq maupun Zikri mengaku kehadiran mereka di help desk KPU Sumbar itu guna menanyakan apa saja yang akan mereka siapkan saat serahkan berkas dukungan nantinya.

"Selain itu, kami juga koordinasi dengan petugas yang ada di help desk menyangkut kapan waktunya bakal calon kami bisa datang ke KPU Sumbar untuk serahkan berkas dukungannya ini," ujar Thariq.

Sedangkan Zikri menyebutkan, dari konsultasi dia dengan petugas help desk baru diketahui tata cara pengisian form dukungan yang akan diunggah ke Silon ada perbedaan pada tahun 2019 lalu.

"Pokoknya cukup beda dibanding pada pemilu 2019 lalu. Kebetulan bakal calon yang saya wakili ini pernah pula mencalon pada pemilu di 2019 itu," kata Zikri.

Sementara Kasubag Teknis KPU Sumbar, Rahman Al Amin bersama rekannya Nanda Rian Putra yang bertugas di help desk terlihat dengan sabar menerangkan dan menjawab beberapa pertanyaan yang dilontarkan masing-masing LO bakal calon itu.

"Memang jadi tugas kami di KPU Sumbar berikan pemahaman dan menerangkan kepada bakal calon dan LO-nya tentang tata cara penyerahan berkas dukungan mereka, sehingga di saat penyerahan syara dukungan nanti bisa lancar urusannya," kata Rahman.

"Di help desk ini, masing-masing LO ini menanyakan atau konsultasi berbagai hal terkait penyerahan syarat dukungan itu, bahkan juga ditanyakan bagaimana proses meng-upload syarat dukungan yang sudah didapat bakal calon hingga memeriksa jumlah dukungan suara yang sudah didapatkan," pungkas Rahman.

Komentar