Diminta untuk Berkolaborasi dengan RS Sekitar

Metro- 29-12-2022 06:19
Wali Kota Padang Hendri Septa menggunting pita pertanda diresmikannya gedung Puskesmas Ulakkarang, Rabu (28-12-2022). (Foto : Fajril)
Wali Kota Padang Hendri Septa menggunting pita pertanda diresmikannya gedung Puskesmas Ulakkarang, Rabu (28-12-2022). (Foto : Fajril)

Penulis: Fajril

Padang, Arunala.com - Gedung baru Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Ulakkarang, Kelurahan Lolongbelanti, Kecamatan Padang Utara diresmikan hari ini (28/12).

Hal ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wali Kota Padang Hendri Septa. "Alhamdulillah, melalui proses yang cukup panjang akhirnya gedung baru Puskesmas Ulakkarang ini diresmikan dan dapat beroperasional.

Diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang optimal bagi masyarakat Ulakkarang khususnya Kota Padang umumnya," kata Hendri Septa saat memberikan sambutan.

Baca Juga

Ia mengatakan Puskesmas sebagai pusat pelayanan kesehatan masyarakat primer, tentunya memberikan layanan promotif dan preventif. Ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan masyarakat serta mencegah penyakit.

"Kemudian, Puskesmas juga sebagai pusat pelayanan kesehatan perseorangan primer. Dimana berperan sebagai gate keeper atau kontak pertama pada pelayanan kesehatan formal sesuai dengan standar pelayanan medis," ucap Hendri Septa.

Ia juga meminta Puskesmas Ulakkarang untuk bekerja sama dan berkolaborasi dengan rumah sakit maupun klinik yang ada di sekitar dalam hal pelayanan kesehatan perseorangan. Ini agar Puskesmas fokus pada upaya promotif preventif.

"Diharapkan dengan kerja sama dan kolaborasi itu dapat mengoptimalkan peran Puskesmas dalam upaya promotif preventif secara berkala," harapnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Ulakkarang dr Inna Rokendry Azwar mengatakan gedung baru Puskesmas Ulakkarang ini memiliki ruangan Unit Gawat Darurat (UGD), apotek dan gudang obat, poli lansia, poli umum.

Kemudian poli mata dan kesehatan lingkungan, poli TB, poli gigi, poli KB/IVA, poli ibu.

"Ruang rekam medis, laboratorium, ruang administrasi, poli anak dan imunisasi, poli akupresure/gizi/PKPR/upaya berhenti merokok (UBM), aset dan ruang kepala puskesmas serta layanan ambulan," papar dr Riri--panggilan akrabnya.

Bahkan, sebut dr Riri, mulai Oktober lalu Puskesmas Ulakkarang ditunjuk memberikan pelayanan terpadu Perawatan, Dukungan dan Pengobatan HIV.

"Meliputi pemeriksaan status HIV, pemeriksaan klinis, konseling, dan pengobatan pasien HIV," tutur dr Riri. Puskesmas Ulakkarang sendiri, sebut dr Riri, memiliki inovasi layanan gerakan tanpa asap rokok (Gertak). Inovasi ini sebagai upaya menekan angka bahaya kecanduan rokok.

"Gertak ini bertujuan untuk mengedukasi akan dampak dan bahaya rokok bagi pecandu dan orang sekitar," ucap dr Riri seraya mengatakan melalui Gertak ini, pihaknya juga melakukan pengecekan CO2.

Komentar