Kota Pariaman Milik Gedung Layanan Perpustakaan Umum

Metro- 28-12-2022 15:38
Kepala Perpusnas RI, Muhammad Syarif Bando didampingi Wako Pariaman, Genius Umar letakan batu pertama Gedung Layanan Perpustakaan Umum Daerah di kota itu, Rabu (28-12-2022). (Dok Istimewa)
Kepala Perpusnas RI, Muhammad Syarif Bando didampingi Wako Pariaman, Genius Umar letakan batu pertama Gedung Layanan Perpustakaan Umum Daerah di kota itu, Rabu (28-12-2022). (Dok Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala.com - Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia, Muhammad Syarif Bando letakan batu pertama Gedung Layanan Perpustakaan Umum Daerah Kota Pariaman bersamaDirektur SDM Ditjen Kuathan (Direktorat Jenderal Kekuatan Pertahanan) Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Brigjen TNI Manofarianto di By Pass Kampung Gadang, Rabu (28/12).

Muhammad Syarif Bando mengatakan bahwa program ini merupakan program unggulan dari bapak Presiden Republik Indonesia, Jokowi dalam mencerdaskan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Kami juga mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi Wali Kota Pariaman, Genius Umar yang lebih cepat sesuai dengan arahan bapak Presiden RI agar realisasi anggaran ke daerah lebih diprioritaskan untuk cepat melayani masyarakat", ucapnya.

Baca Juga

Lebih lanjut, Muhammad Syarif Bando menjelaskan bahwa hari ini tidak ada teransfer teori dan praktek dari buku ke otak manusia melalui injeksi, tidak ada cara lain kecuali membaca. Karena itu, orang sekolah belum tentu bisa membaca, tetapi orang membaca sudah tentu dia sekolah.

"Hal inilah yang harus kita hadirkan yakni perpustakaan untuk masyarakat. Namun kontribusi dari Walikota dan masyarakat harus ada, karena tidak ada yang bisa menjelaskan asal usul Kota Pariaman, kebudayaan dan potensi sumber daya Pariaman kecuali Walikota dan masyarakat Pariaman, semuanya itu ditulis dan harus ada di perpustakaan" sebutnya.

Ia juga menuturkan bahwa jangan mengira bahwa yang berhak menerima akses ilmu pengetahuan hanya peserta didik namun seluruh masyarakat.

"Perpustakaan ini harus menjadi ruang belajar terbuka untuk seluruh masyarakat Kota Pariaman dan sekitarnya. Mudah-mudahan pembangunan ini berjalan dengan baik.Kepada Forkopimda Kota Pariaman agar mengawal pembangunan ini. Kita akan selalu bersinergi dan setelah pembangunannya selesai akan memberikan hibah mobil perpustakaan keliling, buku dan lainnya", tutupnya.

Sementara itu, Wali Kota Pariaman Genius Umar mengatakan bahwa Perpustakaan Daerah Pariaman ini mendapatkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Perpustakaan Nasional sebesar Rp10 miliar.

"Perpustakaan ini sangat bermanfaat untuk masyarakat karena disini ada beberapa perguruan tinggi dan sekolah dari SD, SMP, SMA/SMK, semuanya harus memiliki minat baca", ungkapnya

"Untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, mencerdaskan masyarakat Pariaman serta menigkatkan SDM Pariaman keberadaan perpustakaaan ini sangat penting", terangnya.

Genius berharap mudah-mudahan dengan keberadaan perpustakaan ini, Kota Pariaman semakin maju dan kita sebagai daerah pariwisata juga menjadikan perpustakaan menjadi destinasi wisata atautourism library.

Komentar