Miss USA R'Bonney Gabriel, Miss Universe 2022

Metro- 15-01-2023 20:56
R'Bonney Gabriel. IG: rbonneynola. (Dok : Istimewa)
R'Bonney Gabriel. IG: rbonneynola. (Dok : Istimewa)

Penulis: Fajril

New Orleans, Arunala.com - Kompetisi Miss Universe dilaksanakan selama tiga jam dan disiarkan langsung pada hari Sabtu malam (14/1) waktu setempat atau Minggu pagi (15/1) waktu Indonesia.

Miss Universe 2022 jatuh ke Miss USA, R'Bonney Gabriel. Gabriel didaulat jadi Miss Universe yang baru dalam malam puncak yang digelar di Pusat Konvensi Ernest N. Morial, New Orleans.

Sementara itu runner up pertama jatuh kepada Miss Venezuela, Amanda Dudamel, dan runner up kedua jatuh kepada Miss Dominican Republic, Andrena Martnez.

Diketahui, lebih dari 80 wanita dari seluruh dunia berkompetisi untuk memperebutkan gelar Miss Universe yang didambakan, dilansir dari parade.com.

Sebelum pengumuman ini, ketiganya menjawab pertanyaan final dalam malam puncak Miss Universe ke-71 ini. Dalam babak Top 3 ketiganya ditanya apa yang akan mereka lakukan sebagai Miss Universe untuk pemberdayaan perempuan yang progresif.

Miss Dominican Republic, Andrena Martnez mengatakan dirinya akan menjadi duta untuk menyampaikan pesan soal hak-hak perempuan, mengingat dirinya sudah berkecimpung akan hal itu sejak lama.

"Dan terus saya lakukan setiap hari, dan saya akan sampaikan bahwa dari mana pun asal kalian, latar belakangmu tidak mendefinisikan dirimu, keberanianmu, dan tekadmu, dan saya akan menunjukkan hal itu setiap harinya," kata Martnez dikutip dari cnnindonesia.com.

Kemudian Miss USA, R'Bonney Gabriel, menyebut ia merefleksikan tugas Miss Universe dalam pekerjaannya sebagai perancang busana selama 13 tahun terakhir.

"Saya menggunakan fashion sebagai kekuatan untuk kebaikan. Dalam industri saya, kami menurunkan polusi dengan menggunakan materi daur ulang, dan mengadvokasi para perempuan penyintas human trafficking, KDRT," kata Gabriel.

"Gunakan talenta unik kita untuk membuat perbedaan, kita semua punya hal yang spesial untuk membuat perbedaan. Kita punya hal yang spesial dan kita gunakan itu untuk orang lain dalam hidup kita, dan alat perubahan," lanjutnya.

Sementara Miss Venezuela, Amanda Dudamel menyebut dirinya akan "meneruskan legasi yang sudah ditunjukkan perempuan di seluruh dunia."

"Miss Universe telah menunjukkan mereka memilih perempuan yang menginspirasi pesan mereka dan mentransformasikannya ke dalam aksi mereka," kata Dudamel.

Namun wakil Indonesia Laksmi De-Neefe Suardana terhenti langkahnya setelah gagal masuk Top 16 yang terdiri dari AS, Venezuela, Republik Dominika, Australia, Kanada, Kolombia, Haiti, Peru, Laos, Trinidad dan Tobago, Portugal, Afrika Selatan, India, Curacao, Puerto Rico, dan Spanyol.

Diketahui, pemenang Miss Universe 2022 adalah Miss USA, bernama R'Bonney Gabriel yang berusia 28 tahun.

Dirinya merupakan perancang busana dari Houston, Texas, yang berkendara selama empat jam dari rumahnya demi sampai di tempat kontes.

Gabriel, orang Filipina Amerika pertama yang memenangkan gelar Miss USA, adalah perancang busana, model, dan instruktur menjahit.

Miss Universe 2022 ini adalah Lulusan University of North Texas dengan gelar sarjana dalam Fashion Design dengan Minor in Fibers, sekaligus CEO dari lini pakaian berkelanjutannya sendiri. (*)

Komentar