Renyah dan Gurih, Mr Churros Camilan Khas Spanyol

Metro- 22-01-2023 15:12
Proses pembuatan dan penggorengan churros, camilan khas Spanyol. (Foto : Fajril)
Proses pembuatan dan penggorengan churros, camilan khas Spanyol. (Foto : Fajril)

Penulis: Fajril

Padang, Arunala.com - Tidak ada habisnya membahas soal kuliner di Kota Padang.

Semakin menjamurnya makanan-makanan yang hadir belakangan ini semakin menambah referensi bagi penggemarnya.

Tidak hanya makanan khas Indonesia, makanan khas luar pun turut memeriahkan kuliner yang ada di Kota Padang.

Churros menjadi salah satu kudapan yang sedang hits di Kota Padang.

Kudapan ini dapat dinikmati di Mr Churros yang berlokasi di area GOR Haji Agus Salim Padang dan Kafe Kita Korem 032 Wirabraja.

"Churros adalah jajanan khas semacam donat yang berasal dari Spanyol. Churros memiliki rasa, bahan, dan cara membuatnya mirip donat.

Hanya saja jika donat berbentuk bulat dan berlubang, churros justru berbentuk panjang dan bergerigi," kata Pengelola Mr Churros, Miftahul Rahmi, kepada Arunala.com , Sabtu (21/1) malam.

Ia menjelaskan tidak sedikit menganggap churros ini adalah kue cakue yang banyak dijual. Yang mana memang bentuknya hampir sama dengan cakue.

"Banyak yang mengira churros ini adalah cakue, bentuknya memang hampir sama, sama-sama berbentuk stik panjang, namun tidak sama sekali. Semacam donat, namum churros berbentuk panjang," tambahnya.

Pada dasarnya, sebut Miftahul Rahmi, olahan dan bahan dasarnya hampir sama dengan donat.

Hanya saja proses pembuatannya yang berbeda. Merupakan adonan yang diolah secara manual dengan beberapa campuran bahan.

"Kemudian proses pencetakan churros membentuk panjang berigi," tuturnya.

Proses pembuatannya pun tidaklah memakan waktu yang lama. Lebih dan kurang 5 menit dari proses penggorengan hingga penyajiannya.

"Rasanya gurih, renyah di luar, namun tetap lembut di bagian dalamnya," sebutnya.

Setelah itu dibaluri dengan beberapa varian rasa yang nikmat dan siap disantap.

"Mr. Churros menawarkan beberapa varian rasa. Seperti nutella, hazelnut, cokleat, choco crunchy, tiramissu, cheese, taro, cappucinno, vanilla, green tea, red velvet, caramel, blueberry dan juga strawberry," paparnya.

Dan juga beberapa macam topping yang juga bisa dipilih sesuai selera. Seperti sprinkle, almond, kacang dan topping lainnya.

"Kami menawarkan beberapa bentuk churros. Ada yang dibentuk bulat (loop), yang panjang (long), filling dengan isian rasa di dalamnya, drizzled, bites yang dipotong kecil-kecil, classic, lollipop dan ice cream churros," ungkap Miftahul Rahmi.

Ia mengungkapkan bentuk loop, classic dan drizzled adalah bentuk yang paling diminati pembeli dikarenakan bentuknya yang unik. Sedangkan topping nuttella, coklat dan choco cruchy adalah topping yang paling banyak dipesan pelanggan.

"Harga yang ditawarkan Mr. Churros juga sebanding sensasi rasa dan bentuk unik yang ditawarkan. Sekitar Rp8 ribu untuk long churros, Rp15 ribu untuk loop dan filling churros, Rp10 ribu untuk lollipop churros, Rp17 ribu untuk drizzled, bites dan classic, serta Rp20 ribu untuk ice cream churros," sebutnya.

Selain menjual churros, Mr. Churros juga memberikan varian menu lain yang pastinya juga tak kalah nikmat dan cocok dijadikan camilan siang, sore maupun malam. Yakni corndog dan juga croffle dengan berbagai macam rasa.

"Kami juga ada minuman yang cocok menemani pembeli memakan camilan kami yakni minuman dingin rasa cokelat, thai tea dan juga green tea," tukasnya seraya mengatakan Mr Churros buka mulai pukul 14.00 hingga 24.00 WIB.

Komentar