Walau Pandemi, Seniman Tetap Berkarya

Wisata-120 hit 27-08-2020 09:48
Gubernur Irwan Prayitno memperhatikan lukisan salah seorang peserta pameran seni rupa di Taman Budaya Padang, Rabu (26/8). (Dok : Istimewa)
Gubernur Irwan Prayitno memperhatikan lukisan salah seorang peserta pameran seni rupa di Taman Budaya Padang, Rabu (26/8). (Dok : Istimewa)

Penulis: Amazwar Ismail | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Di tengah pandemi Covid-19 para seniman Sumatera Barat (Sumbar) tetap melahirkan karya-karya terbaik dan berkualitas.

Melihat terus semangat para seniman itu, mendapat apresiasi dari Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

mereka tidak surut akibat pandemi, justru karena pandemi para seniman ciptakan karya seni yang bernilai tinggi.

Baca Juga

Ini disampaikan Irwan Prayitno pada pembukaan Pameran Seni Rupa berjudul "New Life" dengan tema induk "Realita Sosial" yang digelar di Taman Budaya Sumbar, Rabu (25/8).

"Suasana Covid tidak menutup kita untuk berkarya, justru karena wabah ini karya seni bisa tercipta," kata Irwan.

Selain itu, tambah dia, karya seni patutlah dihargai sebagai salah satu peradaban budaya. sembari berpesan Irwan Prayitno mengatakan para seniman agar terus berkarya melahirkan karya seni terbaik.

Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar Gemala Ranti menyampaikan apresiasi yang sama kepada para seniman yang tetap melahirkan karya-karyanya walaupun di tengah pandemi.

Karena pameran seni rupa ini diadakan di tengah pandemi, Gemala mengingatkan untuk selalu patuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, jaga jarak serta cuci tangan.

Salah seorang kurator yang mengikuti pameran, Muharyadi yang juga salah seorang pengajar di salah satu SMK di Kota Padang, mengatakan karena pandemi para seniman banyak melahirkan ide-ide dalam membuat suatu karya seni.

"Justru karena pandemi akan lahir karya seni dengan berbagai latar belakang masalah, baik sosial, kemiskinan, ekonomi, politik, budaya atau masalah keseharian lain yang menjadi menarik untuk dijadikan karya seni," ucap Muharyadi mengakhiri.

Pada kegiatan ini tempat mencuci tangan untuk para tamu dan pengunjung disediakan oleh panitia diberbagai titik lokasi di area pameran. (rel)

Komentar