Irwan Prayitno: Pilkada Jangan Sampai Memunculkan Klaster Baru

Metro-168 hit 25-09-2020 20:28
Gubernur Irwan Prayitno beri arahan pada paslon gubernur dan wakil gubernur untuk taati protocol kesehatan, di sosialisasi yang diadakan Bawaslu Sumbar, Jumat (25/9). (Foto : Amz)
Gubernur Irwan Prayitno beri arahan pada paslon gubernur dan wakil gubernur untuk taati protocol kesehatan, di sosialisasi yang diadakan Bawaslu Sumbar, Jumat (25/9). (Foto : Amz)

Penulis: Amazwar Ismail | Editor: MN. Putra

Padang Arunala -- Gubenur Sumbar Irwan Prayitno menegaskan pelaksanaan Pilkada Sumbar 2020 jangan sampai menimbulkan klaster baru penyebaran Covid-19.

Ini disampaikan Irwan Prayitno kepada empat pasangan calon (paslon) Gubenur dan Wakil Gubernur Sumbar saat menghadiri Sosialisasi Penerapan Protokol Kesehatan pada Pilkada Sumbar, di Hotel Grand Zuri, Padang, Kamis (25/9).

"Penerapan protokol kesehatan harus dilaksanakan dalam setiap tahapan Pilkada 2020. Hal tersebut dikarenakan pilkada kali itu diselenggarakan di tengah pandemi Covid-19," kata Irwan Prayitno.

Baca Juga

Jika tidak menerapkan protokol kesehatan, kata dia, pasti akan muncul klaster-klaster baru penyebaran Covid-19.

Sebab, lanjut Irwan pelaksanaan Pilkada pasti mempertemukan banyak orang. Baik saat kampanye, sosialisasi pasangan calon, rapat umum, dan segala macamnya.

"Saya rasa Pak Ali Mukhni dan Pak Genius Umar tentu sudah memahami bagaimana suasana Pilkada itu. Bisa dipastikan pertemuan dengan tim sukses, relawan, tim kampanye dan pendukung cukup sering terjadi," tukas Irwan Prayitno.

"Sementara bagi Pak Fakhrizal dan Pak Audy, ini akan jadi pengalaman pertama menghadapi suasana pilkada," imbuh dia lagi.

Irwan menyebutkan saat ini saja laporan kasus Covid-19 di Sumbar sekitar 200 kasus setiap hari.

"Apalagi tahapan-tahapan Pilkada tidak dilaksanakan tanpa protokol Covid-19," tegas Irwan.

Ia mengatakan tahapan pilkada yang telah menjadi agenda KPU Sumbar harus dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

"Ikuti saja protokol kesehatan baik gunakan masker, mencuci tangan dengan air mengalir, bersihkan tangan dengan hand sanitizer serta jaga jarak. InsyaAllah aman," ucapnya.

"Untuk itu, semua yang terlibat dengan alek demokrasi ini, harus konsisten dan patuh mengikuti protokol kesehatan. Bagi aparat keamanan harus tegas di lapangan bagi yang melanggar," kata Irwan Prayitno.

Komentar