Bawaslu Sumbar Komit Tingkatkan Informasi Publik

Metro-58 hit 21-11-2020 21:13
Bawaslu Sumbar bersama KI Sumbar ketika sosialisasi pelayanan data dan informasi publik di Hotel Grand Zuri Padang, Sabtu (21/11). (Dok : Arzil)
Bawaslu Sumbar bersama KI Sumbar ketika sosialisasi pelayanan data dan informasi publik di Hotel Grand Zuri Padang, Sabtu (21/11). (Dok : Arzil)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Bawaslu Sumbar berkomitmen meningkatkan keterbukaan informasi lembaganya agar publik bisa mendapatkan hak memperoleh informasi dari lembaga penyelenggara.

Ini disampaikan Kepala Sekretariat Bawaslu Sumbar, Karnalis Kamaruddin ketika sosialisasi pelayanan data dan informasi publik di Hotel Grand Zuri Padang, Sabtu (21/11).

"Bawaslu Sumbar dan jajarannya di daerah terus memperbaiki sistem pelayanan dan pengelolaan informasi publik agar publik bisa mendapatkan hak memperoleh informasi," kata Karnalis.

Baca Juga

Menurut dia, sistem pelayanan telah ada sekarang yakni sudah ada ruang pojok informasi yakni PPID.

"Ruangan PPID, masyarakat akan mendapatkan informasi yang tidak dikecualikan, baik secara softcopy maupun hardcopy,"ungkap dia.

Ruang pojok informasi tersebut juga sudah ada di Bawaslu kabupaten kota di Sumbar.

Untuk memperkuat dan mempercepat serta transparansi informasi Bawaslu Sumbar membuat website bisa di akses melalui handpone android,"jelas Karnalis.

Sementara itu, Kepala Bagian Hukum, Humas, Data dan Informasi Bawaslu Sumbar, Roza Molina menyebutkan PPID ruang bagi masyarakat dalam mencari informasi soal pengawasan kepemiluan.

Keterbukaan informasi merupakan hal yang penting karena masyarakat dijamin haknya oleh undang-undang untuk mendapatkan informasi. "Apalagi informasi yang berkaitan dengan pengawasan Pemilu, kita harus menyampaikan informasi ini kepada publik,"kata dia.

Dengan tugas, wewenang dan tanggung jawab Bawaslu seperti diatur Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, lanjut dia, Bawaslu dituntut menjadi lembaga yang terbuka, akuntabel, dan transparan.

Tupoksi Bawaslu, sambung dia, sangat berkaitan dengan keterbukaan informasi terkait hak warga negara untuk mengetahui dan mengakses informasi publik.

"Keterbukaan Bawaslu diharapkan dapat menciptakan proses dan hasil pemilu yang tepercaya," jelas Roza.

Komentar