Ingin Kedudukan Sama dengan Kampus Lainnya di Sumbar

Edukasi-579 hit 01-02-2021 15:01
Rektor UNU Sumbar Prof Dr Yunia Wardi bersama para wakil rektornya saat ditemui Arunala.com di kampus UNU Sumbar, Senin (1/2). (Foto : Arzil)
Rektor UNU Sumbar Prof Dr Yunia Wardi bersama para wakil rektornya saat ditemui Arunala.com di kampus UNU Sumbar, Senin (1/2). (Foto : Arzil)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Sebagai Rektor baru di Universitas Nahdlatul Ulama Sumatra Barat (UNU Sumbar), Prof Dr Yunia Wardi bertekad ingin menjadikan kampus UNU Sumbar berkedudukan sama dengan perguruan tinggi yang ada di Sumbar.

Pasca dilantik sebagai Rektor pada 25 Januari lalu, Yunia Wardi menyiapkan program-program andalan bagi kemajuan UNU Sumbar.

"Sebagai pendatang baru dalan dunia perguruan tinggi di Sumbar, kami punya keinginan UNU Sumbar menjadi sebuah universitas andalan, duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi dengan universitas lainnya," kata Yunia Wardi didampingi Wakil Rektor (Warek) 1 Basrial Zuhri, Warek 2 Irwandi dan Warek 3 Firdaus di Kampus UNU Sumbar, di Jalan S Parman, Lolong Padang, Senin (1/2).

Baca Juga

Selainn itu, Yunia Wardi juga menginginkan universitas yang dipimpinnya memilik keunggulan dalam kecirianya mengingat Universitas UNU sebagai kampus Nahdlatul Ulama, yang sejak awal dibina oleh NU, itu tentunya jadi ciri khas Universitas UNU ini.

"Jadi, asumsi kami dalam persaingan ini, ya bukan menghindari persaingan, justru kampus UNU Sumbar ikut bersaing dengan berbenah diri, baik secara internal dan juga eksternal," jelas Rektor ini.

Adaa pun pembenahan internal yang akan dilakukan UNU Sumbar ini, sebut Yunia Wardi mulai dari peningkatan SDM dosen dan staf pengajar. Tentu hal ini terlaksana jika kawan-kawan yang ada di UNU Sumbar ini solid dan saling membangun kerjasama yang baik.

"Tidak ada hal yang tidak bisa dikerjakan dengan baik jika dikerjakan secara bersama," tukas mantan Wakil Rektor UNP ini.

Kemudiann, untuk jangka pendek kepemimpinannya, Yunia Wardi berencana akan membenahi beberapa hal di kampus UNU Sumbar itu.

"Hal pertama yang akan saya benahi adalah persoalan Akreditasi program studi (Prodi) di kampus. Saat ini di UNU Sumbar ada 10 Prodi dan tiga Fakultas yakni Sains, Teknik serta Fakultas Sosial dan Humaniora. Setidaknya dalam beberapa waktu ke depan Akreditasi prodi ini akan dinaikkan menjadi Akreditasi B," jelas Yunia Wardi.

Untukk diketahui, sebutnya, persoalan Akreditasi ini sangat penting bagi perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

"Bagi kami di UNU Sumbar persoalan Akreditasi itu sebuah kebutuhan. Makanya program kerja jangka pendek kami di UNU Sumbar, semua program studi yang ada minimal terakreditasi B atau sangat baik," kata Yunia Wardi.

Komentar