KBIH Diminta Profesional Berikan Bimbingan Manasik

Metro-174 hit 07-03-2021 07:40
Gubernur Sumbar, Mahyeldi beri arahan bagi KBIH dalam pelaksanaan  manasik Haji dan Umrah Mandiri dan Profesional di Padang, Sabtu (6/3). (Dok : Istimewa)
Gubernur Sumbar, Mahyeldi beri arahan bagi KBIH dalam pelaksanaan manasik Haji dan Umrah Mandiri dan Profesional di Padang, Sabtu (6/3). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) di Sumbar diminta bisa memberi pelayanan terbaik dalam pelaksanaan manasik haji mandiri dan profesional kepada calon jemaah haji (CJH) yang dibimbingnya.

Penegasan ini disampaikan Gubernur Sumbar, Mahyeldi saat penyerahan sertifikat pembimbing manasik Haji dan Umrah Mandiri dan Profesional di Hotel Rangkayo Basa, Padang, Sabtu (6/3).

"Permintaan agar KBIH lebih profesional memberikan manasik haji itu agar CJH yang dibimbing oleh KBIH bisa meningkatkan kemandirian calon jamaah Haji Sumbar tahun 2021 secara umum," kata Mahyeldi saat itu.

Apa lagi, lanjut Mahyeldi, saat ini masih pandemi Covid, untuk itu KBIH juga bisa harus mempersiapkan fisik calon jemaahnya dengan menjaga kesehatan dan terhindar dari Covid-19.

Selain itu, Mahyeldi juga menyampaikan ingin menjadikan Sumbar sebagai pintu gerbang Indonesia melakukan ibadah Haji dan Umrah ke Tanah Suci melalui Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

"Pemberangkatan CJH dan Umrah melaluk BIM sesuai dengan RPJM Sumbar. Selain ini waktu tempuh penerbangannya juga singkat dari Indonesia menuju Jeddah," ujar Mahyeldi lagi.

Kemudian untuk mendukung Sumbar sebagai salah satu pusat embarkasi haji dan umrah di Indonesia, lanjut Mahyeldi, Pemprov Sumbar akan mengupayakan agar setiap jamaah yang berangkat dari BIM diberikan rendang, makanan khas Minang.

Untuk mendukung Sumbar sebagai salah satu pusat embarkasi haji dan umrah di Indonesia, Gubernur Mahyeldi akan mengupayakan agar setiap jamaah yang berangkat dari BIM diberikan rendang (Randang), makanan khas Minang.

"Pemprov Sumbar akan memberikan bekal oleh-oleh rendang kepada CJH atau mereka yang Umrah saja yang berangkat dari BIM. Rendang merupakan kuliner khas Sumbar yang bergizi tinggi dan tahan lama, cocok dibawa umrah dan haji ke Mekkah," tutup Mahyeldi.

Hadir dalam pelatihan dan penyerahan sertifikat pembimbing manasik Haji dan Umrah Mandiri dan Profesional itu, FK KBIH Sumbar Amora Lubis, FK KBIH Aceh, Bengkulu, Jambi, Riau, Sumut dan Dekan FDIK UIN Padang. (*)

Komentar