Mengali Pola Pengelolaan Pendidikan dan Pendanaannya

Edukasi-38 hit 11-02-2021 12:39
Kadis Dikpora Pariaman, Kanderi saat menerima kunjungan rombongan DPRD Kepulauan Mentawai, Kamis (11/2). ( Dok : Istimewa)
Kadis Dikpora Pariaman, Kanderi saat menerima kunjungan rombongan DPRD Kepulauan Mentawai, Kamis (11/2). ( Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

DPRD Mentawai Belajar ke Kota Pariaman

Mengali Pola Pengelolaan Pendidikan dan Pendanaannya

Pariaman, Arunala - Berhasilnya Pemko Pariaman dalam dunia pendidikan menjadikan daerah ini jadi percontohan bagi daerah lain. Kali ini, rombongan DPRD Kepulauan Mentawai yang berkunjung ke Pariaman untuk belajar sistem pendidikan di kota Tabuik itu, Kamis (11/2).

Rombongan DPRD Kepulauan Mentawai diterima langsung Kadis Dikpora Pariaman, Kanderi dan didampingi sejumlah staf di kantornya.

"Hari ini kami kembali menerima kunjungan dari DPRD Kepulauan Mentawai, mereka tertarik dengan beberapa program pendidikan yang dilaksanakan di Pariaman. Mulai dari pengeloaan dana BOS, bantuan keuangan khusus, Kartu Pariaman Pintar, Pemberian insentif guru honor, Program Satu Keluarga satu Sarjana(Sagasaja) sampai peningkatan kualifikasi akedemi pendidik PAUD," ungkap Kanderi usai menerima kunjungan tersebut.

Sebelumnya, jelas Kanderi, dinasnya telah dikunjungi pula rombongan dari DPRD dan Pemko Solok, kemudiankunjungan dari Sekretariat daerah dan DPRD Kabupaten Agam serta kunjungan dari Pemerintah Kabupaten Pasaman barat.

"Kota Pariaman memang selalu fokus pada dunia pendidikan. Hal ini dibuktikan dengan adanya program wajib belajar 12 tahun. Dilanjutkan dengan program Sagasaja dan lainnya," urai Kanderi.

Selain tertarik program Sagasaja, Kanderi juga menerangkan bagaimana Disdikpora Pariaman mengelola dana BOS dan bantuan keuangan khusus.

Sementara itu, rombongan DPRD Kepulauan Mentawai yang dipimpin Ketua DPRD-nya Yosep Sarogdok mengapresiasi kinerja Pemerintah Kota Pariaman khususnya didunia pendidikan.

"Kunjungan kerja yang kami lakukan ini terkait cara Pemko Pariaman mengelolaan dana BOS, dan bagaimana pedulinya pemko di sini terhadap dunia pendidikan. Sebenarnya banyak hal yang kami diskusikan sehingga apa yang telah disampaikan Kepala Disdikpora tadi kita pelajari dan diterapkan di Kepulauan Mentawai," ungkapnya.

Kadis Dikpora Pariaman, Kanderi saat menerima kunjungan rombongan DPRD Kepulauan Mentawai, Kamis (11/2). ( Dok : Istimewa) 12;38

Komentar