Alirman Sori dan Wabup Pessel Diskusikan PEN

Ekonomi-98 hit 23-07-2021 15:34
Anggota DPD RI asal Sumbar, Alirman Sori bersama Wakil Bupati Pessel, Rudi Hariyansyah seusai diskusi soal PEN di Pessel, Jumat (23/7). (Dok : Istimewa)
Anggota DPD RI asal Sumbar, Alirman Sori bersama Wakil Bupati Pessel, Rudi Hariyansyah seusai diskusi soal PEN di Pessel, Jumat (23/7). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Painan, Arunala - Mantan wartawan dan Putra asli daerah Pesisir Selatan (Pessel) yang kini berkiprah di DPD RI tersebut, Dr Alirman Sori SH, MHum, MM melakukan kunjungan kerjanya (reses) di Pessel dengan materi pokok; monitoring pelaksanaan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Jumat (23/7).

Selain Wakil Bupati, Rudi Hariyansyah terlihat hadir dalam pertemuan tersebut Asisten II, Kepala Bappedalitbang, Kadis PMD, Kepala DPKD, dan Kabag Perekonomian Pessel.

Dalam sebuah diskusi formil yang diadakan, namun berjalan santai itu, Rudi Hariyansyah kemudian memaparkan kondisi secara makro dan mikro ekonomi Pessel dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 terutama pelaksanaan kebijakan keuangan, dan sistem keuangan.

Baca Juga

"Sebagaimana amanat UU nomor 2 tahun 2020 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi Covid-19 dan/atau dalam rangka menghadapi ancaman yang membahayakan perekonomian nasional dan/atau stabilitas sistem keuangan menjadi Undang- undang difokuskan pada Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)," kata Rudi.

Dirinya juga menyampaikan, dari tiga poin komitmen pemkabnya bersama Bupati Rusma Yul Anwar yakni Pendidikan, Kesehatan dan Kesejahteraan.

"Namun yang baru bisa diagregasi dan terlaksana saat ini adalah bidang pendidikan, sementara dua bidang lainnya masih terkendala karena pemkab setempat mengalami keterbatasan anggaran," ujar Rudi Hariyansyah lagi.

Beberapa upaya, terang dia, sedang dan tengah dilakukan Pemkab Pessel dengan membangun komunikasi di beberapa kementerian yang menjadi agenda prioritas bupati untuk menggaet anggaran dari pusat.

"Mudah- mudahan kedepannya satu persatu dapat terealisasi," harap Wabup Rudi Hariyansyah.

Selanjutnya diskusi dan pemaparan secara detail terkait PEN disampaikan bergantian oleh OPD dan perangkat terkait.

Anggota DPD RI, Alirman Sori dalam tanggapannya, memberikan apresiasi atas upaya yang dilakukan oleh Pemkab Pessel terutama bupati dan wakil bupati yang telah memulai beberapa langkah dalam mewujudkan tiga komitmen pemerintahannya di bidang pendidikan, kesehatan dan kesejahteraaan, meski roda pemerintahan mereka baru berjalan enam bulan, dan di tengah kondisi sulit karena mewabahnya pandemi Covid-19.

"Tentu dalam hal membangun, dibutuhkan kebersamaan, partisipasi serta koordinasi dengan semua stakeholder dan elemen masyarakat. Saatnya kita bergandengan tangan membangun Pesisir Selatan," ujar Alirman Sori.

Diskusi hangat berdurasi 1,5 jam tersebut ditutup dengan berswafoto bersama, tak ketinggalan beberapa staf di lingkungan kantor Bupati yang menunggu momen bersua muka dengan senator.

Komentar