Wako Minta segera Lakukan Penanganan

Metro- 18-12-2021 18:34
Warga yang terdampak bencana menerima bantuan dari Wali Kota Genius Umar, Sabtu (18/12). (Dok : Istimewa)
Warga yang terdampak bencana menerima bantuan dari Wali Kota Genius Umar, Sabtu (18/12). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Mendapat kabar ada satu warga yang rumahnya nyaris roboh akibat runtuhnya tebing pinggiran sungai Batang Mangau, Wali Kota Pariaman, Genius Umar langsung bergerak cepat mengunjungi lokasi yang berada di Desa Kampung Apa, Kecamatan Pariaman Selatan, Sabtu (18/12).

Kondisi yang dialami warga itu akibat karena curah hujan yang cukup tinggi sepanjang Jumat hingga Sabtu itu.

"Kondisinya memang mengkhawatirkan karena melihat aliran sungai yang cukup deras. Sementara itu cuaca di Kota Pariaman masih diguyur hujan. Untuk sementara solusi yang dapat kita berikan adalah warga yang rumahnya berada di bibir tebing harus mengungsi kerumah saudara," ungkapnya.

Baca Juga

Pada kesempatan yang sama, Genius yang didampingi Sekko, Yota Balad, Ketua TP PKK Kota Ny.Luci Genius, Ketua DWP Kota Pariaman Ny.Yosneli Balad, Camat Pariaman Selatan, M Farid Marwan dan Kepala Desa Kampung Apa Dodi Susandra serta Kepala Desa Batang Tajongkek Riko Herianto langsung memberikan bantuan sembako kepada warga yang terkena musibah.

"Ada empat Kepala Keluarga (KK) yang rumahnya berada dipinggiran tebing. Bencana alam seperti ini jadi pekerjaan buat semua pihak untuk mencari solusinya agar aliran sungai tidak menghancur tebing lebih parah. Namun tentu tidak bisa dilakukan saat ini, tapi kita akan terus pantau melalui Kepala Desa setempat, " tambahnya.

Sudah dua hari berturut--turut Kota Pariaman diguyur hujan. Kondisi ini juga terjadi didaerah tetangga dan daerah lainnya. Hal inilah yang menyebabkan tinggi dan derasnya air sungai di aliran batang mangau. Ada satu titik yang menjadikan air sungai menghantam dan menyebakan runtuhnya tebing.

"Ini akan dilakukan kajian kembali, kalau bisa secepatnya akan dilakukan tindak lanjut sehingga derasnya air sungai tidak akan mengikis tanah tebing lagi. Himbauan juga kami lakukan khususnya kepada anak--anak untuk tidak bermain dipinggiran tebing karena ini akan membahayakan bagi mereka, " ujarnya.

18;34

Komentar