Pengiriman Batu Bara dari Teluk Bayur mulai Meningkat

Ekonomi- 01-01-2022 21:35
DGM Komersil PT Pelindo Regional 2 Teluk Bayur, Hendri Adolf. (Foto Arzil)
DGM Komersil PT Pelindo Regional 2 Teluk Bayur, Hendri Adolf. (Foto Arzil)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 2 Teluk Bayur di tahun 2022 ini berencana akan menambah stockpile (tempat penampungan, red) untuk bahan tambang batu bara.

Alasan Pelindo Teluk Bayur ini sediakan lahan untuk penampungan batu bara karena trend ekspor bahan tambang melalui pelabuhan itu mulai ada peningkatan.

"Bila di tahun 2020 lalu, penampungan batu bara yang ada di pelabuhan Teluk Bayur hanya untuk keperluan PLTU Teluk Sirih, namun di 2021 kemarin jumlah batu bara yang ada di penampungan kami alami kenaikkan," ungkap Deputy General Manager (DGM) Komersil PT Pelindo Regional 2 Teluk Bayur, Hendri Adolf kepada Arunala.com beberapa hari lalu.

Baca Juga

Dia menjelaskan, selain penampungan batu bara untuk Teluk Sirih, pihaknya juga mendapat pemesanan dari pengusaha untuk penampungan batu bara yang akan dikirim ke Labuhan Bajo dan juga beberapa negara lainnya.

Adapun cadangan lahan untuk penampungan batu bara itu, terang Hendri, rencana nantinya akan disiapkan di lahan milik pelabuhan yang berada di kawasan lini dua.

"Di lahan itu, kami akan lakukan pembenahannya, mulai dari areal stockpile-nya, soal IPAL, hingga menyangkut hal lainnya yang dibutuhkan untuk penampungan batu bara ini," kata Hendri Adolf.

Ditanya berapa jumlah peningkatan pengiriman batu bara melalui pelabuhan Teluk Bayur di 2021 itu? Saat itu Hendri menjawab belum dapat data pasti karena pihaknya masih lakukan pendataan menyangkut aktivitas bongkar muat di Teluk Bayur jelang tutup tahun 2021 ini.

"Nanti setelah data itu kami dapatkan akan kami sampaikan kepada adek-adek media," kata Hendri Adolf.

Komentar