Konjen AS Tawarkan Kerjasama ke Pemko Pariaman

Metro- 09-02-2022 14:46
Wako Pariaman, Genius Umar bersama Konjen AS untuk Sumatera, Gordon S Church di salah satu hotel di Padang, Rabu (9/2). (Dok : Istimewa)
Wako Pariaman, Genius Umar bersama Konjen AS untuk Sumatera, Gordon S Church di salah satu hotel di Padang, Rabu (9/2). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Wali Kota Pariaman, Genius Umar menerima kunjungan Konsulat Jenderal (Konjen) Amerika Serikat, untuk Sumatera, Gordon S Church didampingi Sekretariat Konjen Amerika Serikat, Caroline di salah satu hotel di Padang, Rabu (9/2).

Kunjungan Gordon ini dalam rangka silaturahmi antara Pemerintah AS dengan Pemko Pariaman serta membahassoalpariwisata, budaya dan ekonomi.

"Hari ini saya kedatangan teman saya Gordon S Church ke Sumbar, ini merupakan suatu kebanggaan bagi saya karena diundang khusus untuk pertemuan private ini," ujar Genius Umar seusia pertemuan dengan Konjen AS tersebut.

Baca Juga

Genius merupakan alumni International Visitor Leadership Program (IVLP). Sebagai alumni dirinyaterus menjalin komunikasi dengan pihak Kedutaan Besar AS dan melakukan leadership beberapa sesi termasuk ulang tahun AS pun dirinya sering diundang ke Kedutaan negara itu.

Genius menerangkan, perbincangan yang dilakukan mereka berdua membicarakan banyak hal, diantaranya tentang bagaimana pola Pemko Pariaman bergotong royong dengan keterbatasan anggaran namun bisa membangun jalan (non budgeter), dan ini diapresiasi oleh Gordon.

"Ini adalah bagian dari strategi seni manajemen pemerintahan bagaimana bisa menggerakan orang untuk melakukan pembangunan di Kota Pariaman," ucap Genius Umar.

Dirinya kemudian juga menerangkan pembangunan Water Front City di Kota Pariaman dan bagaimana kita membangun masyarakat untuk cinta dengan lingkungannya

Dalam pertemuan itu, Genius juga menyampaikan bila Gordon S Chuchjuga menanyakan tentang beberapa penghargaan yang diterima Wali Kota Pariaman seperti penghargaan dibidang pendidikan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden RI dan penghargaan lainnya.

"Di pertemuaan itu, saya juga ditawarkan beberapa program kerjasama salah satunya pertukaran kebudayaan antara kedua Negara. Dan saya nilai hal ini jelas cukup bagus," ulasnya.

Sedangkan Gordon S Church menyampaikan, ini adalah kunjungan pertamanya ke Sumbar dan merasa senang mendapat kesempatan berbincang dengan Genius Umar.

Gordon menjelaskan bahwa, ia berkantor di Medan tapi wilayah cakupan kerjanya untuk seluruh wilayah Sumatera.

"Merupakan tanggungjawab kami membangun hubungan antara AS dengan pemerintah daerah dan masyarakat yang ada di Sumatera. Kami mendiskusikan beberapa area dimana kita bisa mengembangkan kerjasama salah satunya di bidang pariwisata, semoga ini bisa dikembangkan dimasa depan," ungkap Gordon.

Ia berharap dengan pertemuan ini bisa diidentifikasi beberapa area kerjasama dibidang kebudayaan dan ekonomi.

Komentar