RKPD Kunci Perencanaan Pembangunan Daerah

Ekonomi- 08-02-2022 16:30
Bupati Padangpariaman Suhatri Bur membuka kegiatan forum konsultasi publik rancangan awal RKPD 2023 itu hall kantor bupati setempat, Selasa (8/2). (Dok : Istimewa)
Bupati Padangpariaman Suhatri Bur membuka kegiatan forum konsultasi publik rancangan awal RKPD 2023 itu hall kantor bupati setempat, Selasa (8/2). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padangpariaman, Arunala -- Bupati Padangpariaman Suhatri Bur mengungkapkan, rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) menjadi dasar penyusunan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) bagi pemkab dalam penyusunan RAPBD tahun 2023.

Penegasan itu disampaikan Suhatri Bur saat membuka kegiatan forum konsultasi publik rancangan awal RKPD 2023 kabupaten itu hall kantor bupati setempat, Selasa (8/2).

"Sesuai UU Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, maka pemerintah daerah diwajibkan menyusun RKPD yang berfungsi sebagai dokumen perencanaan daerah untuk periode satu tahun kedepan," kata Suhatri Bur.

Baca Juga

RKPD ini, sebut dia, juga berfungsi sebagai penjabaran rencana penyelenggaraan pembangunan lima tahun yang tertuang dalam dokumen RPJMD untuk pencapaian visi dan misi daerah yang telah ditetapkan.

"Dalam proses penyusunan RKPD ini beberapa pendekatan digunakan baik melalui pendekatan secara subtansi maupun pendekatan secara proses," lanjut Suhatri Bur.

Dia menambahkan, RKPD juga merupakan upaya kesinambungan pembangunan secara terencana dan sistematis yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah dan seluruh komponen masyarakat dengan memanfaatkan berbagai sumber daya yang tersedia secara optimal, efisien, efektif dan akuntabel dengan tujuan akhir meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara nyata dan berkelanjutan.

Adapun pendekatan secara subtansi, imbuh Suhatri Bur, melibatkan pendekatan tematik, holistik, spasial dan integratif. Sementara pendekatan secara proses menggunakan pendekatan teknokratik, partisipatif, politik maupun top up dan bottom up.

"Ini dilakukan agar dokumen RKPD yang disusun memenuhi azas dan kaidah-kaidah perencanaan yang ada yang disusun secara sistematis, terpadu dan akuntabel," tukasnya lagi.

Sekretaris Bapelitbangda, Masri, dalam laporannya mengatakan tujuan penyelenggaraan forum konsultasi ini sebagai sarana bagi penyaluran ide, gagasan, usulan saran dab masukan terkait rancangan program dan kegiatan pembangunan daerah tahun 2023 agar lenih partisipatif, konstruktif dari stakeholder terkait.

Kemudian mendorong partisipasi masyarakat dalam memperkuat kapasitas perencanaan daerah dan turut serta menysusn rencana pembangunan daerah tahun 2023 dan mendorong sinergitas serta keterpaduan seluruh stakeholder dan masyarakat dalam upaya pencapaian sasaran pembangunan yang telah ditetapkan.

"Hasil yang diharapak dari kegaitan ini diyakni penyampaian arah dan kebijakan pembangunan di Padangariaman tahun 2023 dan memperoleh masukan dan saran penyempurnaan bagi rancangan awal RKPD kabupaten ini untuk 2023," kata Masri.

Komentar