Padangpariaman Launching PID dan BIAN 2022

Metro- 19-04-2022 23:03
Bupati Suhatri Bur bersama Kepala Dinkes Sumbar, dr Lila Yanwar, Mars saat launching Pekan Imunisasi Dunia (PID) dan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022 tingkat kabupaten di Hall IKK, Parik Malintang Selasa, (19/4). (Dok : Istimewa)
Bupati Suhatri Bur bersama Kepala Dinkes Sumbar, dr Lila Yanwar, Mars saat launching Pekan Imunisasi Dunia (PID) dan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022 tingkat kabupaten di Hall IKK, Parik Malintang Selasa, (19/4). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padangpariaman, Arunala -- Pemkab Padangpariaman laksanakan program gebyar Pekan Imunisasi Dunia (PID) dan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022 tingkat kabupaten di Hall IKK, Parik Malintang Selasa, (19/4).

Kegiatan ini dibuka Bupati Suhatri Bur dan menyebutkan, pekan PID dan BIAN ini merupakan momentum meningkatkan kembali kesadaran untuk meningkatkan cakupan imunisasi dan sebagai perlindungan bagi semua kelompok umur. Guna mencapai eradikasi dan eliminasi penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.

"Selama masa pandemi Covid-19, pelaksanaan imunisasi rutin tidak dapat berjalan optimal, sehingga perlu dilakukan langkah-langkah strategis sejalan dengan program nasional, diantaranya melalui penguatan imunisasi rutin dan pemberian imunisasi tambahan pada Mei--Juni tahun ini," kata Suhatri Bur.

Baca Juga

Pelaksanaan BIAN ini, sebutnya, sangat penting, tentunya pemerintah bersama instansi terkait, dan stakeholder harus perperan aktif untuk mengajak peserta didik agar mau diimuniasi dan mendudukung penuh pelaksanaan BIAN ini sehingga dapat dirasakan oleh seluruh.

Gubernur Sumbar diwakili Kepala Dinas Kesehatan, dr Lila Yanwar, Mars mengatakan gebyar PID dan BIAN ini merupakan upaya meningkatkan kembali capaian vaksinasi dan kesehatan balita di Sumbar.

"Kami berharap semua pihak memberikan dukungan sebab akan sulit jika hanya mengandalkan tenaga kesehatan saja" ungkapnya. Dia menyebutkan, terdapat 54 ribu anak dan 76 ribu anak sekolah yang menjadi target dalam imunisasi campak dan rubella.

Sementara Kadis Kesehatan Padangpariaman, dr Aspinudin menyebutkan penguatan imunisasi rutin dan pemberian imunisasi tambahan pada periode Mei--Juni nanti mendatang dengan dua kategori yaitu memberikan imuniasi campak-rubela pada anak usia 9 bulan sampai 15 tahun, dan melakukan imunisasi kejar (catch-UP) bagi anak balita yang belum lengkap imunisasinya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan piagam penghargaan kepada Puskesmas yang mempunyai capaian vaksinasi imunisasi dasar lengkap, dan imunisasi MR tertinggi se-Kabupaten Padangpariaman, yaitu Puskesmas Ketaping, Puskesmas Lubuk Alung dan Puskesmas Gasan Gadang dan penyerahan piagam penghargaan dan cendramata secara simbolis kepada bayi yang sudah melaksanakan imunisasi dasar lengkap.

Komentar