Jurnalis Arunala Juara 3 Lomba Karya Tulis Jurnalistik

Metro- 20-04-2022 07:02
Komisaris Independen Manar Fuadi, Ketua PWI Sumbar Heranof Firdaus, pemenang lomba karya jurnalistik, Dirut Bank Nagari M Irsyad, dan Ketua DKD PWI Sumbar Basril Basyar, Selasa malam (19/4). (Dok : Istimewa)
Komisaris Independen Manar Fuadi, Ketua PWI Sumbar Heranof Firdaus, pemenang lomba karya jurnalistik, Dirut Bank Nagari M Irsyad, dan Ketua DKD PWI Sumbar Basril Basyar, Selasa malam (19/4). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Bertepatan dengan silaturahmi dan buka puasa bersama awak media massa dan media online, Bank Nagari dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbar mengumumkan delapan pemenang lomba karya tulis jurnalistik HUT ke-60 Bank Nagari pada Selasa (19/4).

Penghargaan diberikan atas kualitas karya jurnalistik mereka yang mengangkat tema lomba, Digitalisasi Untuk Produktivitas.

Karya jurnalis Arunala.com , Fajril, meraih juara 3 dalam lomba karya jurnalistik tersebut.

Baca Juga

Sementara, juara pertama diraih Soesilo Abadi Piliang (Harian Singgalang). Dan juara kedua diraih Febriansyah Pahlevi (Harian Khazanah).

Sementara pemenang harapan yakni Suryani (Padang Ekspres), Wahyu Syahputra (Kabarin.co), Al Fatah (Antara Bukittinggi). Selanjutnya, Faisal Budiman (Khazanah) dan Sri Dani (RRI.com).

"Kami atas nama manajemen Bank Nagari mengucapkan selamat kepada delapan pemenang lomba karya jurnalistik dalam rangka HUT ke-60 Bank Nagari. Kami mengapresiasi rekan-rekan media atas partisipasinya dalam lomba ini," kata Direktur Utama Bank Nagari, Muhamad Irsyad, saat memberikan sambutan, di Padang Old Town.

Turut hadir Komisaris Utama Bank Nagari Benni Warlis, Komisaris Independen Manar Fuadi, Direktur Operasional Syafrizal, Direktur Kredit dan Syariah Gusti Chandra, Direktur Keuangan Sania Putra, Direktur Kepatuhan Restu Wirawan, Pemimpin Divisi Sekretaris Perusahaan Idrianis. Kemudian, Kabag Humas, Publikasi, Kesekretariatan dan Perlindungan Konsumen Intan Evannita Evandry, Ketua Dewan Kehormatan Daerah (DKD) PWI Sumbar Basril Basyar serta pengurus PWI Sumbar dan salah satu dewan juri lomba Dr Abdullah Khusairi MA.

Ia mengatakan lomba ini sebagai bentuk dukungan Bank Nagari dalam mendorong lahirnya karya jurnalistik berkualitas. Dan, lomba tersebut akan diagendakan setiap tahunnya.

"Saya ingin semua tulisan para pemenang nantinya dibuatkan buku. Karena semua tulisan para pemenang itu enak dibaca. Dan itu hanya ada di sini, Bank Nagari," ucap M Irsyad.

Pada kesempatan itu, Irsyad memaparkan perkembangan Bank Nagari.

"Meski di tengah Covid-19, Bank Nagari masih terus tumbuh dan berkembang. Baik dari sisi laba, dana pihak ketiga, penyaluran kredit dan lain sebagainya. Ini tentunya berkat kolaborasi, kerja sama serta dukungan dari berbagai pihak. Dan diiringi dengan digitalisasi," sebutnya.

Sesuai dengan era 4.0, sebut Irsyad, Bank Nagari telah membangun sendiri teknologi digital perbankan. Karya inovatif itu dibuat oleh putra Bank Nagari sendiri.

"Tidak sekadar membangun teknologi saja. Kami juga menjaga keamanan produk-produk digital Bank Nagari dari serangan hackers," ungkap Irsyad.

Irsyad menyebutkan produk-produk digital Bank Nagari tidak kalah hebat dengan bank lainnya. Misalnya, setiap transaksi di Nagari Mobile Banking hanya membutuhkan pin saja.

Sementara Nagari Cash Management (NCM) menggunakan kode OTP. Dan, melalui NCM ini telah bisa melakukan transaksi hingga Rp500 juta.

"Untuk ATM Bank Nagari telah bisa dipergunakan di luar negeri. Bisa di Malaysia, Thailand dan Korea Selatan. Ini akan mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi keuangan," sebutnya.

Untuk layanan QRIS, sebut Irsyad, Bank Nagari menargetkan bisa digunakan bertransaksi di luar negeri seperti di Malaysia dan Thailand.

"Untuk QRIS di luar negeri ini segera mungkin bisa kami selesaikan. Sehingga nasabah yang menggunakan QRIS bisa bertransaksi di Malaysia dan Thailand tanpa harus menukarkan mata uang negara tersebut," tutur alumni Universitas Andalas ini.

Irsyad juga menyebutkan layanan digital Bank Nagari memperkuat membangun daerah. Misal, dari sisi layanan digital retribusi daerah telah memberikan dampak pada peningkatan pendapatan asli daerah.

"Seluruh pemerintah kota dan kabupaten di Sumbar kecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai telah merasakan manfaat layanan digital retribusi daerah ini," sebutnya.

Untuk layanan syariah sendiri, juga diperkuat dengan teknologi digital.

"Baru-baru ini kami telah menghadirkan Nagari Digital Masjid," ungkapnya seraya mengatakan layanan digital ditelurkan Bank Nagari telah meraih penghargaan Infobank Digital Brand Award 2022 dari majalah Infobank.

Sementara itu, Ketua PWI Sumbar Heranof Firdaus mengapresiasi Bank Nagari yang telah memberikan kesempatan kepada wartawan untuk berkreasi melalui tulisannya.

"Kami pun berharap pada manajemen Bank Nagari agar terus melaksanakan iven yang sama pada tahun-tahun berikutnya. Dan, masyarakat Sumbar pun makin mengenal produk digital Bank Nagari sehingga bank ini terus tumbuh dan berkembang," harap Heranof.

Komentar