Supardi Minta Prestasi Senam Sejajar dengan Cabor lain

Olahraga- 14-08-2022 17:22
Ketua DPRD Sumbar, Supardi menandatangani SK kepengurusan Persani Sumbar yang baru seusai pelantikan, Minggu (14/8). (Dok : Istimewa)
Ketua DPRD Sumbar, Supardi menandatangani SK kepengurusan Persani Sumbar yang baru seusai pelantikan, Minggu (14/8). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Kepengurusan Persatuan Senam Indonesia (Persani) Sumbar periode 2021-2025, dikukuhkan Ketua DPRD Sumbar, Supardi di rumah dinasnya, Minggu (14/10).

Kepada pengurus Persani Sumbar yang baru, Supardi menegaskan, menumbuhkan nilai-nilai patriotisme dalam jiwa atlet jauh lebih penting dalam memajukan dunia olahraga di Sumbar.

"Jangan bertumpu atau beralasan pada kelengkapan atau kelayakan sarana prasarana untuk mendulang prestasi," ungkap Supardi di saat itu.

Baca Juga

Selama ini, jelas Supardi, turunnya prestasi olahraga selalu dikaitkan dengan tidak layaknya sarana dan prasarana (Sapras). Hal itu memang penting, namun jangan jadikan alasan utama dalam mendulang prestasi.

"Banyak altet dari desa dan tidak mendapatkan Sapras layak, tapi bisa berbicara lebih pada iven olahraga nasional hingga dunia," kata Supardi lagi.

Sebagai Ketua DPRD Sumbar, dia mengatakan, ke depan pelaksanaan rekrutmen para atlet harus sesuai dengan bidang dan bakat. Dengan demikian, mereka akan serius dalam cabang olahraga yang digeluti.

"Cara seperti ini diharapkan bisa menjadi rekomendasi bagi induk olahraga KONI Sumbar, dalam mengangkat prestasi," tukas Supardi.

Dia melihat, olahraga merupakan instrumen penting dalam mencetak sumber daya manusia (SDM) cerdas, sedangkan perguruan tinggi hanya mampu menciptakan SDM pintar.

"Pintar secara akademik, tidak cukup untuk menjadi cerdas, cerdas terbentuk dari jiwa yang sehat dan proses sosial yang dihadapi. Hanya orang-orang cerdas lah yang bisa melakukan inovasi dan mengubah pola pola yang tertanam dalam hidup bermasyarakat," tandasnya.

Terkait pengurus Persani Sumbar, Supardi meminta komitmen pengurus dalam memajukan cabang olahraga (cabor) senam ini. Sebab senam di Sumbar merupakan cabor pendulang medali emas bagi daerah ini.

Dia mengatakan, bibit atlet senam di Sumbar sangat banyak, namun mereka banyak yang tidak terdeteksi.

"Agar senam bisa lebih maju dengan atlet yang berkualitas, maka libatkan tokoh-tokoh masyarakat hingga pihak-pihak sektor pendidikan agar mudah menemukan bibit," ujarnya.

Pembinaan optimal, terang Supardi, akan lahirkan atlet senam yang berkualitas dan diharapkan bisa mewakili Sumbar di masa depan.

Prestasi senam harus sejajar dengan cabor lain, seperti Silat," ucap Supardi.

Ketua Persani Sumbar terpilih, Sepris Yonaldi mengatakan, seluruh pengurus Persani Sumbar yang dipimpinnya punya komitmen untuk memajukan marwah cabor senam Sumbar.

"Untuk program kerja ke depan Persani Sumbar merencanakan membuat Kejuaraan nasional (Kejurnas) senam. Dan tak ingin kegagalan di PON Papua kemarin terulang, karena prestasi cabor senam Sumbar yang diukir di iven olahraga nasional saat itu belum optimal," kata Sepris Yonaldi.

Komentar