Edukasi Masyarakat Desa Pauh Timur Bikin Pakan Ternak dengan Teknologi

Metro- 23-08-2022 19:30
Para dosen IPB University berikan pembinaan membuat pakan ternak pada masyarakat Desa Pauh Timur, Kota Pariaman, Senin (22/8) kemarin. (Dok : Istimewa)
Para dosen IPB University berikan pembinaan membuat pakan ternak pada masyarakat Desa Pauh Timur, Kota Pariaman, Senin (22/8) kemarin. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Perguruan tinggi negeri IPB University di tahun 2022 membuat program bernama Dosen Pulang Kampung (Dospulkam).

Program yang diwadahi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat LPPM di kampus itu, berupa kegiatan pengabdian dosen kepada masyarakat yang ada di kampung halamannya, sehingga masyarakat ini mendapatkan manfaatnya.

"Kali ini, kegiatan dilaksanakan dalam bentuk pelatihan pemanfaatan smart hydroponic green fodder berbahan baku limbah pertanian lokal sebagai pakan ternak alternatif dalam upaya mendukung pertanian berkelanjutan," ungkap Yuni Resti, yang merupakan salah satu dosen IPB asal Desa Pauh Timur, Kota Pariaman, Senin (22/8).

Baca Juga

Yuni Resti yang didampingi anggotanya Tera Fit Rayani dan Annisa Hakim berada di desa itu terkai program Dospulkam yang ada di Desa Pauh Timur tersebut.

"Kami sangat berterima kasih kepada Pemko Pariaman khususnya Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan, dan Kepala Desa Pauh Timur yang telah membantu kami guna menyelenggarakan kegiatan pelatihan pemanfaatan smart hydroponic green fodder berbahan baku limbah pertanian lokal sebagai pakan ternak alternatif, dalam upaya mendukung pertanian berkelanjutan ini," kata Yuni lagi.

Ia juga menyampaikan bahwa program Dospulkam IPB University ini juga bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peternak dalam budidaya ternak kambing terutama dalam mengoptimalkan potensi pakan lokal.

Lebih lanjut Yuni menyampaikan, program ini juga mengandeng praktisi yang merupakan peternak muda asal Jawa Barat yang telah sukses dalam beternak domba yaitu Muhammad Zia Ul Haq.

"Melalui program ini kami mengajak kita semua untuk bersama sama belajar guna meningkatkan kualitas pakan ternak sehingga nantinya kita akan mengetahui cara pemberian pakan ternak yang baik dan berkualitas," tutur Yuni.

Dia menerangkan, pakan menjadi salah satu poin penting yang harus diperhatikan oleh seorang peternak. Pakan yang berkualitas akan menghasilkan ternak yang optimal yang tentunya akan menghasilkan nilai ekonomis yang tinggi pula.

Kepala Desa Pauh Timur menyampaikan ia sangat berterima kasih kepada IPB khususnya ketua tim Yuni Resti, yang telah memilih desanya sebagai tempat pilihan untuk pelatihan karena akan dapat menambah pengetahuan peternak di desanya. (*)

Komentar