Riki Surya Kembali Dibekuk Polresta Padang

Metro-109 hit 16-06-2020 17:07
Riki Surya, pelaku Curat saat diperiksa anggota OpsnalSatreskrim Polresta Padang, setelah diri ditangkap,Senin malam (15/6). (Foto : Can)
Riki Surya, pelaku Curat saat diperiksa anggota OpsnalSatreskrim Polresta Padang, setelah diri ditangkap,Senin malam (15/6). (Foto : Can)

Penulis: Can | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Baru tiga bulan bebas dari Lapas melalui program asimilasi, Riki Surya (25), residivis kasus pencurian kembali berulah.

Pemuda ini kembali ditangkap tim Opsnal Satreskrim Polresta Padang pada Senin malam (15/6) sekitar pukul 20.30 Wib, karena sudah melakukan aksi pencurian dengan pemberatan (Curat) di dua tempat kejadian perkara (TKP) yang berbeda.

"Tersangka berhasil kami tangkap di daerah Lolong Kecamatan Padang Barat, dengan cara memancing pelaku untuk menjual barang curiannya kepada polisi yang berpura-pura menjadi pembeli," kata Kasatreskrim Polresta Padang Kompol Rico Fernanda kepada wartawan, Selasa (16/6).

Baca Juga

Sebelum berhasil ditangkap, jelas Rico, pelaku sempat berusaha melarikan diri karena disaat transaksi akan terjadi, pelaku yang mengetahui calon pembelinya adalah polisi yang menyamar.

"Melihat buruan kami berusaha kabur, beberapa polisi yang akan menangkap pelaku mengeluarkan beberapa kali tembakan peringatan ke udara. Mendengar tembakan itu, pelaku menjadi ciut nyalinya dan berhasil ditangkap," imbuh Rico.

Kasat menambahkan, pelaku diringkus setelah aksi pencurian yang dilakukannya pada Jumat (5/6) yang lalu di salah satu hotel yang berada di kawasan Berok Nipah, Kecamatan Padang Barat terekam kamera pengintai (CCTV) hotel.

"Dalam rekaman CCTV tersebut terlihat pelaku masuk ke dalam hotel dengan cara memanjat pohon yang berada di depan hotel dan masuk ke lantai dua lalu turun ke lobi hotel tepatnya dibagian resepsionis dan mengambil satu unit Handphone (Hp) Xiomi Redmi 6A warna putih yang merupakan milik karyawan hotel tersebut," ujar Rico lagi.

Selain itu, lanjut Rico, pelaku juga melakukan pencurian di mushalla hotel yang ada di kawasan Kampung Pondok Rabu (10/6) lalu.

"Disini pelaku yang dikenal dengan panggilan Riki Botak ini mengambil Hp merek Oppo A5s warna hitam milik korbannya di saat si korban tertidur di dalam mushalla yang berada di lobi hotel tersebut," katanya.

Saat ini pelaku telah mendekam disel tahanan Polresta Padang guna mempertanggungjawabkan perbuatannya di mata hukum.

"Untuk pelaku sendiri bisa dikenakan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara," tutup Rico.

Komentar