Gedung Pusat Kebudayaan Sawahlunto Alami Kebakaran

Metro- 03-11-2022 13:35
Mobil Damkar Kota Sawahlunti berusaha lakukan pemadaman api dari Gedung Gedung Pusat Kebudayan di kota itu yang alami kebakaran, Kamis siang (3/11). (Dok : Istimewa)
Mobil Damkar Kota Sawahlunti berusaha lakukan pemadaman api dari Gedung Gedung Pusat Kebudayan di kota itu yang alami kebakaran, Kamis siang (3/11). (Dok : Istimewa)

Penulis: Derizon Yazid

Sawahlunto, Arunala.com - Tampaknya kegiatan pelaksanaan Festival Durian yang akan diselenggarakan Pemko Sawahlunto di Gedung Pusat Kebudayan bakal dipindahkan ke lokasi lain.

Pasalnya, gedung yang sarat dengan historis yang berada di lembah Segar Kota Sawahlunto itu mengalami kebakaran pada Kamis (3/11) sekira pukul 10.30 WIB.

Bahkan Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta membenarkan kejadian kebakaran itu.

Baca Juga

"Benar telah terjadi kebakaran melanda Gedung Pusat Kebudayaan," kata Wali Kota Sawahlunto Deri Asta saat dihubungi Arunala.com beberapa saat setelah terjadi kebakaran.

Menurutnya, dari informasi diterima peristiwa kebakaran berasal dari atap bangunan Pusat Kebudayaan, diduga konsleting atau arus pendek.

"Api membesar menjilati bagian atap bangunan sejarah tersebut,sejumlah mobil kebakaran milik Damkar Sawahlunto berusaha memadamkan api, dalam peristiwa ini dilaporkan tidak ada korban jiwa,"ungkap dia.

Dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa. Saat ini pemerintah Sawahlunto menghitung berapa kerugian akibat kebakaran.

"Peristiwa membakar gedung ini sejarah secepatnya diberitahukan pada Kementerian, dimana bangunan masuk cagar budaya," jelas Deri Asta.

Wali Kota ini menyebutkan, rencananya bakal digelar Festival durian di samping Gedung tersebut dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia.

"Acara tersebut digelar pukul 14.00 WIB yang di adakan oleh Dinas Perkebunan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Sumbar," kata Deri Asta.

Komentar